ICW Desak KPK Seret Mantan Menhut Terkait Suap Hutan Riau

ICW Desak KPK Seret Mantan Menhut Terkait Suap Hutan Riau

Metroterkini.com - Indonesian Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera selidiki Ketua MPR Zulkifli Hasan yang sering disebut-sebut dalam persidangan terdakwa Gulat Mendali Emas Manurung dalam perkara suap alih fungsi hutan dan revisi SK Kemenhut terkait perubahan area kawasan hutan menjadi kawasan bukan hutan.

Dalam rekaman sadapan yang diperdengarkan Jaksa KPK pada persidangan di Pengadilan Tipikor, Senin (19/1), nama Menteri Kehutanan (Menhut) yang diasosiasikan dengan Zulkifli Hasan jelas disebut.

"KPK harus melakukan pendalaman penyelidikan terhadap Zulkifli Hasan terkait dengan rekaman yang telah diputar di Pengadilan Tipikor terkait SK Kemenhut atas perubahan bukan hutan, Senin lalu," kata Koordinator Hukum dan Peradilan ICW Emerson Yutho, Selasa (20/1/15) di Jakarta.

Emerson meminta KPK benar-benar serius untuk melakukan penyelidikan terhadap politikus asal Partai Amanat Nasional itu, yang namanya kerap terus di sebut dalam persidangan. Apalagi rekaman sadapan yang diperdengarkan adalah percakapan telepon antara Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun dan Gulat Manurung saat membahas soal uang suap pengurusan izin perubahan area kawasan hutan.

"KPK harus serius untuk melakukan penyelidikan terhadap Zulkifli Hasan, apalagi SK Kemenhut tersebut mengindikasikan adanya peluang suap," ungkapnya.

Memang dalam persidangan kemarin, nama Zulkifli juga sempat disebut langsung oleh Gubri nonaktif Annas Maamun yang mengatakan bahwa Zulkifli semestinya mengetahui perihal pengajuan alih fungsi hutan yang ada di Kuansing, Riau. Menurut Annas, urusan alih fungsi tersebut memang harus langsung dengan Menteri Kehutanan saat itu.

"Ya menteri harusnya tahu (Menhut)," kata Annas beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Annas Maamun pun mengaku bahwa sebelumnya sempat mendapat pernyataan dari Zulkifli terkait urusan perizinan kehutanan. Di mana Zulkifli menawarkan akan membantu jika ada persoalan perizinan kehutanan di Riau.

Janji tersebut dilontarkan Zulkifli dalam acara perayaan hari ulang tahun Provinsi Riau. Saat itu Zulkifli hadir untuk mengisi acara perayaan tersebut dan sempat menyampaikan pidatonya. [rtc]

Berita Lainnya

Index