UPT BBIP Perikanan Kepulauan Meranti Dapat Kunjungan Dari Sekolah

UPT BBIP Perikanan Kepulauan Meranti Dapat Kunjungan Dari Sekolah

Metroterkini - UPT Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat kunjungan Edukasi dari siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti pada Senin 13 Mei 2024.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti Ahmad Yani, S.Pi MM melalui Kepala UPT BBIP Dinas Perikanan Kepulauan Meranti Haffis Setiawan, AMK mengatakan adapun tujuan dari siswa/siswi datang mengunjungi UPT-BBIP adalah untuk belajar dan mengenal lebih jauh tentang cara budidaya Ikan yang baik.

"Selain itu, para Siswa dan Siswi itu juga ingin tahu serta mengenal berbagai jenis ikan yang ada di UPT BBIP ini," katanya, Saat di Konfirmasi pada Selasa (14/05/2024) melalui via telphone.

Selain itu, dirinya menjelaskan bahwa dalam kunjungan itu pihaknya juga memberikan edukasi berupa materi yang telah disampaikan kepada para Siswa dan siswi SMAN 2 Tebing Tinggi Barat itu.

"berbagai materi mengenai tahapan-tahapan budidaya disampaikan oleh tenaga teknis yang meliputi pengelolaan kualitas air, jenis air, pengelolaan pakan alami, pemijahan, penetasan telur, pemeliharaan larva, sampai ke tahap pendederan dan packing benih ikan di UPT BBIP," jelasnya.

Disampaikannya pula, kunjungan edukasi ini bukan kali pertama, beberapa waktu yang lalu ada beberapa sekolah yang melakukan kegiatan serupa di UPT BBIP Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Sebelumnya juga ada dari sekolah lain, seperti SMA Kalam Kudus, Yayasan Permata, MTs Nurul Huda Tebing Tinggi Barat," ucapan Haffis.

Selain itu, dirinya juga berharap melalui kunjungan edukasi ini, besar harapan kepada sekolah-sekolah lain yang ada dilingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti bisa melakukan kegiatan yang sama, mengingat kondisi Kabupaten Kepulauan Meranti yang dikelilingi Lautan.

"Adapun tujuan ini agar lebih mengenal banyak ilmu-ilmu tentang budidaya perikanan dan gemar makan ikan terutama ikan endemic yang ada di Kepulauan Meranti," harapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Ahmad Yani, S.Pi MM, dirinya mengharapkan dengan kunjungan sekolah-sekolah tersebut ke UPT BBIP Dinas Perikanan Kepulauan Meranti dapat memberikan dampak yang positif terhadap pelajar.

"Kita harap ada dampak yanh bagus bagi pelajar yang berkunjung, serta dapat lebih mengenal lebih dekat tentang UPT BBIP Kepulauan Meranti dan juga tentang teknis pembudidayaan ikan produksi yang ada di kita," harapnya.

Sebelumnya, dirinya juga telah memberikan saran kepada petugas di UPT BBIP Kepulauan Meranti agar dapat memberikan pemahaman lebih terhadap pelajar sekolah saat berkunjung.

"Kita sudah arahkan kepada petugas disana untuk memberikan perkenalan dan pemahaman tentang ikan produksi, seperti halnya ikan kakap putih dan kampung kakap yang saat ini kita galakkan," terangnya.

Terkait hal itu, dirinya juga akan berupaya membuka ruang bagi para pelajar sekolah apabila ingin mengenal lebih dekat tentang UPT BBIP Kepulauan Meranti serta tata cara pembudidayaan ikan khusus di Kepulauan Meranti.

"Kita juga berharap, dengan pemahaman dasar yang diberikan BBIP Kepulauan Meranti, agar siswa dan siswi dapat ilmu apabila berminat untuk masuk ke bidang perikanan apabila nantinya masuk ke jenjang perguruan tinggi," harapnya.

Sementara itu, Guru Prakarya Mursid Hadi Utomo yang saat itu mendampingi para siswa dan siswi SMAN 2 Tebing Tinggi Barat berkunjung di UPT BBIP Kepulauan Meranti mengatakan kalau kunjungan tersebut dalam rangka memperkenalkan kegiatan perikanan disana.

"Di sekolah itu ada kegiatan prakarya, dan yang kita angkat yakni kegiatan perikanan bagi kelas X di SMAN 2 Tebing Tinggi Barat," Katanya.

Dalam kunjungan itu juga, ada beberapa ilmu pengetahuan tentang perikanan yang siswa dan siswi dapatkan saat melakukan kunjungan ke UPT BBIP Kepulauan Meranti.

"Selain mendapatkan pengetahuan tentang BBIP itu, siswa dan siswi juga dapat ilmu tentang pembudidayaan ikan dari pembibitan hingga pemasaran ikan. Dan nantinya setelah dari situ, akan kami terapkan di sekolah," jelasnya. [Wira]

Berita Lainnya

Index