Inilah Makanan Terbaik untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Bikin Panjang Umur

Inilah Makanan Terbaik untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Bikin Panjang Umur

Metroterkini.com - Saat memasuki usia 50 tahunan, Anda harus memperhatikan asupan makanan. Apa saja makanan untuk usia 50 tahun ke atas?

Usia 50 tahun jadi momen perubahan yang besar bagi setiap orang. Komitmen akan gaya hidup sehat benar-benar dibutuhkan pada fase hidup satu ini.

Salah satunya adalah pola makan, yang bakal berubah seiring pertambahan usia.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari. Tapi, ada juga makanan yang justru wajib jadi menu hidangan harian.

Mengutip Eat This Not That, kebutuhan nutrisi pada usia 50 tahun akan meningkat karena berbagai hal.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi daftar makanan berikut, merangkum berbagai sumber.

1. Buah Beri
Makanan untuk usia 50 tahun ke atas yang pertama adalah buah beri. Buah satu ini menyediakan nutrisi lengkap untuk orang berusia 50 tahun ke atas karena kaya serat, vitamin C, senyawa anti-inflamasi, dan senyawa antioksidan.

Pria usia 50 tahun ke atas dianjurkan mengonsumsi 30 gram buah beri sehari, sedangkan wanita 21 gram buah beri sehari.

Senyawa antioksidan pada buah beri yang kuat dapat meningkatkan keterampilan motorik dan memori jangka pendek bagi otak yang menua.

Sebuah studi pada 2020 menemukan, orang berusia 50 tahun ke atas dengan asupan antioksidan yang rendah dua hingga empat kali lebih mungkin terkena demensia.

2. Kangkung, bayam

Seiring pertambahan usia, tulang menjadi lebih lunak dan kebutuhan kalsium bertambah. Selain dari susu, Anda juga bisa mendapatkan asupan kalsium dari sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung dan bayam.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menemukan, orang yang mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari memiliki kaki yang 11 persen lebih kuat.

Tak hanya itu, senyawa antioksidan yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau tua juga ditemukan dapat mencegah risiko demensia.

3. Ikan tuna
Ikan laut seperti tuna dan salmon menjadi sumber protein tanpa lemak yang dibutuhkan pada lanjut usia. Orang berusia 50 tahun ke atas direkomendasikan untuk mengonsumsi 5-6 ons protein setiap hari.

Selain itu, ikan juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Nutrisi satu ini hanya ditemukan pada sumber hewani yang semakin sulit diserap seiring bertambahnya usia.

Tak cuma itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan laut juga bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kronis.

4. Kacang
Dalam bentuk apa pun, kacang-kacangan adalah camilan yang tepat untuk usia 50 tahun ke atas.

Mengutip Huffington Post, kacang sendiri dikenal sebagai sumber serat dan protein nabati yang baik. Serat adalah nutrisi utama untuk menjaga kesehatan jantung, pengelolaan gula darah, dan pengendalian berat badan.

5. Dada ayam
Orang usia 50 tahun ke atas juga dianjurkan untuk mengonsumsi protein tanpa lemak seperti dada ayam atau telur.

Protein sangat penting untuk pemeliharaan otot, fungsi kekebalan, dan penyembuhan luka.

6. Nasi merah
Biji-bijian utuh adalah pilihan baik lainnya untuk orang usia 50 tahun ke atas. Salah satunya adalah beras merah yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks.

Beras merah akan memberikan energi berkelanjutan, membantu pencernaan, membantu mengatur kadar gula darah, hingga mengurangi risiko penyakit metabolik.

7. Jamur
Jamur adalah makanan kaya potasium. Mengutip WebMD, potasium dapat membantu melawan efek negatif natrium serta menurunkan tekanan darah.

Potasium sendiri merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung. Potasium membantu tubuh memproses natrium dan mengendurkan pembuluh darah hingga menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat.

Selain jamur, ada juga beberapa makanan lain yang kaya potasium seperti tomat, jeruk, kurma, dan yogurt.

8. Telur
Memasuki usia 50 tahun, massa otot akan menurun seiring berjalannya waktu. Anda membutuhkan makanan kaya protein seperti telur.

9. Alpukat
Alpukat dapat meningkatkan asupan lemak sehat yang baik buat jantung. Lemak sehat juga bisa membantu mencegah obesitas yang jadi faktor risiko berbagai penyakit kronis.

Demikian beberapa makanan untuk usia 50 tahun ke atas. Semoga bermanfaat.[**]

Berita Lainnya

Index