10 Manfaat Tea Tree Oil untuk Kesehatan dan Kulit

Jumat, 28 Mei 2021 - 10:06:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tea tree oil bukan hal baru untuk orang Indonesia. Berbagai produk kecantikan dan kulit juga banyak yang memakai kandungan ini. Ada sejumlah manfaat tea tree oil.

Tea tree merupakan minyak esensial yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Minyak esensial ini dihasilkan dari Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Queensland dan New South Wales, Australia.

Meskipun Melaleuca alternifolia dikenal sebagai pohon teh, tidak sama dengan tanaman yang menghasilkan daun yang digunakan untuk membuat teh hitam, hijau, dan oolong.

Minyak ini sudah digunakan sebagai obat tradisional oleh suku Aborigin selama berabad-abad. Penduduk asli Australia ini menghancurkan daun pohon teh untuk mengekstrak minyaknya, yang kemudian dihirup untuk mengobati batuk dan pilek atau dioleskan langsung ke kulit untuk penyembuhan.

Manfaat tea tree oil ini didapat dari kandungan senyawa senyawa, termasuk terpinen-4-ol, yang telah terbukti dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur tertentu. Terpinen-4-ol juga meningkatkan aktivitas sel darah putih Anda, yang membantu melawan kuman dan penyerang asing lainnya. Sifat melawan kuman ini membuat minyak pohon teh menjadi obat alami yang berharga untuk mengobati kondisi kulit bakteri dan jamur, mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Berikut manfaat tea tree oil:

1. Hand sanitizer
Mengutip Healthline, minyak esensial ini merupakan pembersih tangan alami yang ideal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa itu membunuh beberapa bakteri dan virus umum yang menyebabkan penyakit, termasuk E. coli, S. pneumoniae dan H. influenzae. Selain itu, sebuah penelitian yang menguji beberapa jenis pencuci tangan menunjukkan bahwa menambahkan minyak pohon teh ke pembersih meningkatkan keefektifannya terhadap E. coli

2. Pengusir serangga
Satu studi menemukan bahwa 24 jam setelah dirawat dengan minyak pohon teh, sapi memiliki 61 persen lebih sedikit lalat daripada sapi yang tidak diberi minyak tersebut.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa tea tree oil memiliki kemampuan lebih besar untuk mengusir nyamuk daripada DEET, bahan aktif paling umum dalam pengusir serangga komersial.

3. Deodoran alami
Efek antibakterinya dapat membantu mengontrol bau ketiak yang berhubungan dengan keringat.

Keringat akan jadi bau ketika ada bakteri di kulit. Sifat pelawan bakteri minyak pohon teh menjadikannya alternatif alami yang ideal untuk deodoran dan antiperspiran komersial.

4. Antiseptik luka kecil
Cedera yang menyebabkan kulit pecah-pecah memudahkan kuman masuk ke aliran darah Anda, yang bisa menyebabkan infeksi.

Tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati dan mensterilkan luka kecil dan lecet dengan membunuh S. aureus dan bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi pada luka terbuka.

5. Tingkatkan Penyembuhan Luka
Selain mencegah infeksi pada luka dan lecet, minyak pohon teh juga dapat mendorong penyembuhan luka.
Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ini membantu mengurangi peradangan dan memicu aktivitas sel darah putih yang berperan dalam proses penyembuhan Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 10 orang dengan luka, menambahkan minyak pohon teh secara konvensional

6. Menghilangkan jerawat
Minyak esensial ini bisa menjadi senjata ampuh melawan jerawat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ini membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian, mengoleskan gel pohon teh 5% ke lesi jerawat terbukti lebih dari tiga kali lebih efektif dalam mengurangi jumlah lesi daripada plasebo. Itu hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan.

Dalam studi lain, minyak pohon teh ditemukan sama efektifnya melawan jerawat seperti benzoyl peroxide, obat anti-jerawat yang paling umum.

7. Menjaga kesehatan mulut

Melansir Byrdie, manfaat tea tree oil juga untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Salah satu kegunaan terbaik minyak pohon teh adalah sebagai obat kumur alami.

8. Membersihkan sikat gigi dan retainer
Sifat antibakterialnya membuat tea tree oil ini bisa mendisinfeksi sikat gigi dan retainer gigi agar bebas bakteri.

9. Pembersih serbaguna
Anda bisa memanfaatkan tea tree oil ini sebagai pembersih serbaguna, termask pembersih permukaan meja dan lainnya.

Campurkan 15-20 tetes tea tree oil dengan setengah cangkir air hangat dan cuka. Semprotkan ke permukaan kemudian lap sampai bersih.

10. Melegakan hidung tersumbat
Manfaat tea tree oil juga baik untuk melegakan hidung tersumbat kaena kemampuannya sebagai anti inflamasi.

Oleskan beberapa tetes ke dalam diffuser Anda atau tambahkan ke bak mandi air hangat dan rileks dengan beberapa tarikan napas dalam. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT