Bupati Rohul Sukiman Ajak Amalkan Ajaran Alquran Sebagai Edukasi

Metroterkini.com - Bupati Rohul H. Sukiman di dampingi Wakil Bupati H. Indra Gunawan, secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Februari - 27 februari 2023, yang ditandai dengan menekan tombol Sirine, Kamis (23/02/2023).

Disaksikan masyarakat yang antusias ikut memeriahkan helat tahunan yang dipusatkan di Astaka Pematang Baih, Pasir Pengaraian Rokan Hulu Riau.

Gubernur Riau yang diwakili Staf Bidang Hukum dan Kemasyarakatan Provinsi Riau Yurnalis S.Sos M.Si, Perwakilan Kanwil Kemenag Riau, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Dandim 0313/KPR Letkol Arh. Muliyadi SIP, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko SH MH, Asisten I Fhatanalia Putra S.Sos M.Si, Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Rohul Sri Yulita, Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH MH, Camat dan Dewan Hakim, dan Forkompinda lainnya ikut hadir.

Kegiatan diawali dengan Pawai Defile Kafilah yang dimulai dari Kecamatan Kepenuhan dengan utusan 40 Kafilah, di susul Kec Rambah Hilir dengan 30 Kafilah, Kec Rokan IV Koto dengan utusan 36 Kafilah, Kec Kepenuhan Hulu dengan 23 Kafilah , Kec Bangun Purba 23 Kafilah, Kec Tambusai dengan utusan 40 Kafilah, Kec Kunto Darussalam dengan utusan 36 Kafilah, Kec Tandun dengan utusan 34 Kafilah, Kec Rambah Samo dengan 22 Kafilah, Kec Rambah dengan utusan 29 Kafilah, Kec Pagaran Tapah Darussalam dengan utusan 23 Kafilah, Kec Tambusai Utara dengan utusan 34 Kafilah, Kec Pendalian IV Koto dengan utusan 31 Kafilah, Kec Bonai Darussalam dengan 20 Kafilah, Kec Ujung Batu dengan Utusan 38 Kafilah serta Kec Kabun dengan Utusan 20 Kafilah, kemudian Bupati Rohul H. Sukiman juga menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Umum LPTQ Rohul M. Zaki S.STP M.Si untuk direbut kembali oleh peserta MTQ Ke XXIII Tahun 2023.

Dalam kesempatan pidatonya, Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Riau, Panitia Penyelenggara dan Semua pihak yang ikut terlibat dalam mensukseskan MTQ Ke-XXIII Tahun 2023 tingkat Kabupaten Rohul.

"Alhamdulillah Pembukaan MTQ Ke-XXIII tingkat Rohul berjalan lancar dan sukses, Malam ini kita melaksanakan pembukaan MTQ Ke XXIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Walaupun rintik-rintik hujan ini suatu keberkahan, perlombaan seni membaca Al Quran yang diturun kepada nabi Muhammad SAW dapat kita jadikan sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia dibumi ini khususnya di Negeri Seribu Suluk," ucap Orang nomor satu di Rokan Hulu ini.

Kepada Dewan Hakim dan Majelis Hakim yang telah di lantik, Sukiman berharap agar amanah dan objektif dalam memberikan penilaian secara profesional. Agar penilaian di lakukan dengan sejujur-jujurnya dan dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak yang berprestasi agar menghasil qori dan Qoriah yang berkualitas, dengan harapan sebagai utusan ke tingkat Provinsi Riau.

Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan saat pidatonya mengucapkan rasa haru dengan melihat Antusias dari masyarakat yang hadir langsung untuk menyaksikan acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIII.

"Saya terharu, sebab melihat kondisi hujan seperti ini masyarakat tetap semangat dan bertahan hingga acara selesai, demi menyaksikan pembukaan MTQ ini, semoga kita semua yang hadir malam hari ini bisa mendapatkan keberkahan dan keridhoan dari Allah SWT," harap Wabup H. Indra Gunawan.

H. Indra Gunawan berpesan kepada seluruh Kafilah dari setiap Kecamatan agar dapat menjaga kesehatan terutama selama mengikuti MTQ ini supaya dalam setiap penampilannya bisa maksimal, dapat mengikuti kegiatan dengan menampilkan penampilan yang terbaik sehingga bisa membawa Kecamatan nya memperoleh peringkat terbaik.

"Kepada para Kafilah agar dapat menjaga kesehatan terutama selama mengikuti MTQ ini, supaya dalam setiap penampilannya bisa menunjukkan yang terbaik, bisa membanggakan kecamatan masing-masing," harapnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Kemasyarakatan Yurnalis S.Sos M.Si mewakili Gubernur Riau Drs H. Syamsuar M.Si mengucapkan Tahniah atas perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang berlangsung meriah.

"Mewakili Gubernur Riau Drs H. Syamsuar M.Si saya ucapkan Tahniah atas perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang berlangsung meriah, semoga Event MTQ ini dijadikan sebagai momentum meningkatkan spirit atau semangat dalam mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan serta sebagai Edukasi dan Tradisi dalam Memasyarakatkan Alquran," ucap Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Kemasyarakatan Yurnalis.

Tambahnya, Pemprov Riau berkomitmen untuk melahirkan Hafidz dan Hafidzah melalui Beasiswa Tahfidz, program beasiswa pembaca Qur'an dimulai sejak 2019 hingga saat ini, dan Pemprov juga telah melakukan kerjasama dengan PTIQ dan IIQ Jakarta yang merupakan perguruan tinggi ilmu berbasis Islam.

"Melalui Qur'an Center untuk fokus pembelajaran Al Qur'an, tempat pembelajaran dan Pelatihan Qur'an. Pembinaan kepada qori dan Qoriah akan mampu mendulang prestasi dalam MTQ tingkat daerah maupun Nasional, sebab MTQ ini merupakan tradisi yang melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ memiliki daya tarik dalam kehidupan masyarakat dan juga sebagai media dakwah. MTQ agenda rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memasyarakatkan Al Quran di kehidupan masyarakat syiar Islam dalam membaca dan mengkaji nilai Alquran,” tutup Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Kemasyarakatan tersebut. [Kominfo-geleri]

Bupati Rohul H. Sukiman menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Umum LPTQ Rohul M. Zaki S.STP M.Si

Bupati Rohul H. Sukiman saat menerima Sirih dari tarian Persembahan di Pembukaan MTQ ke XXIII Rohul

Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawans saat menerima Sirih dari tarian Persembahan di MTQ Kab Rohul

Staf Bidang Hukum dan Kemasyarakatan Provinsi Riau Yurnalis S.Sos M.Si, saat menyampaikan Pidato Gubri
 

Siswa/siswa sanggar tari Balai Projo membawakan tari persembahan di acara Pembukaan MTQ ke XXIII Rohul
 

Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman dan Ketua GOW Rohul Sri Yulita di Pembukaan MTQ ke XXIII

Para undangan yang turut menghadiri Pembukaan MTQ ke XXIII Kabupaten Rokan Hulu

Bupati Rohul H. Sukiman terlihat bersama Ketua DPRD dan para undangan saat pembukaan MTQ Kab. Rohul