Dewan Minta Dishub Bengkalis Tingkatkan Pelayanan

Metroterkini.com - Dalam rangka menyambut bulan puasa dan lebaran, DPRD Kabupaten Bengkalis meminta Dinas Perhubungan meningkatkan pelayanan RoRo penyeberangan. Dewan mendesak Dishub agar mempersiapkan armada Roro yang benar-benar laik laut agar tidak terjadi penumpukan penumpang di antrian.

Selain itu, kondisi kapal dan ruang tunggu penumpang juga perlu diperhatikan demi kenyamanan penumpang kapal.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, DPRD Kabupaten Bengkalis menggelar hearing lintas  Komisi yang dipimpin oleh Ruby Handoko alias Akok yang juga Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis. Ikut dalam hearing tersebut Dinas Perhubungan, Bagian Hukum, Inspektorat, perusahaan ALP, perusahaan Jembatan Nusantara, Balai Pengelolaan Transportasi Darat, dan OPD terkait lainnya.

"Kami tidak ingin ada lagi penumpukan penumpang, hari ini kita cari solusinya karena masyarakat selalu mengeluh, kapal ada tetapi minyak tidak ada, kemudian toilet dalam kapal sangat tidak layak," ujar Ketua Komisi II Ruby Handoko.

Permasalahan toilet ini, juga tak luput dari pengawasan anggota DPRD Rianto. Menurutnya, kurang layaknya toilet di kapal Roro sudah berlangsung bertahun-tahun.  Ia berharap ada tanggung jawab dari pihak kapal untuk benar-benar serius melakukan perbaikan.

"Hearing ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik, jadi kita harus bersinergi untuk pelayanan RoRo ini supaya tidak terjadi kendala. Selain itu, persoalan minyak jangan pernah terjadi lagi, dimohon kerja sama semuanya agar masalah tidak berlarut-larut, mudah-mudahan dengan pertemuan ini membuat pelayanan RoRo lebih baik lagi," Zamzami Harun menanggapi.

Sementara Laurensius Tampubolon menegaskan kedepan harus ada perubahan, karena nanti Komisi II akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan.

Dari Dishub menjelaskan ada 6 Kapal saat ini, yaitu 4 dari Jembatan Nusantara dan 2 dari ALP, sampai hari ini 4 kapal yang beroperasi, 1 standby dan 1 sedang masa Docking. Terkait penambahan kapal mendapat support dari ALP menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Di sisi lain, Pihak PT. ALP meminta maaf atas ketidaknyamanan armadanya, mereka berkomitmen kedepan kebersihan kapal akan lebih diperhatikan lagi, dan pengawasan kapal akan dilakukan lebih intens. PT. ALP berjanji akan menambahkan 1 armada kapal di awal April yang mampu menampung kurang lebih 30 Mobil.

"Harapan kami jangan dikecewakan, mudahan peningkatan pelayanan kapal ini dapat terealisasi dengan segera," harap Ruby Handoko.

Juga kepada Dinas Perhubungan, Akok selaku Ketua Komisi II mengingatkan untuk segera melakukan proses lelang kegiatan pengerukan di dermaga II pelabuhan Air Putih yang sudah dianggarkan di APBD murni agar bisa cepat digunakan untuk semua kapal demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat. [**]

Ketua Komisi II DPRD Bengkalis, Roby Handoko saat memimpin hearing bersama Dishub

Suasana hearing Komisi II DPRD Bengkalis bersama Dinas Perhubungan Bengkalis

Kadis Perhubungan memberikan penjelasan terkait pernyataan anggota DPRD

Anggota DPRD Laurensius memaparkan pendapatnya tentang situasi Roro

Anggota DPRD Bengkalis Rianto, saat mengikuti hearing bersama Dinas Perhubungan Bengkalis

Kadishub Bengkalis didampingi Kabid dan vendor pelayaran saat hearing

Kadishub Bengkalis diapit dua Kabid saat hearing dengan Komisi II

Anggota DPRD Feri Situmeang saat hearing berlangsung bersama Dinas Perhubungan Bengkalis

Suasana hearing Komisi II DPRD Bengkalis bersama Dinas Perhubungan Bengkalis

Suasana hearing Komisi II DPRD Bengkalis bersama Dinas Perhubungan Bengkalis

Suasana hearing Komisi II DPRD Bengkalis bersama Dinas Perhubungan Bengkalis

Anggota DPRD Zamzami Harun saat mengikuti hearing bersama Dishub Bengkalis