Diesel vs Bensin Siapa yang Lebih Baik?

Diesel vs Bensin Siapa yang Lebih Baik?

Metroterkini.com - Skandal emisi gas buang Volkswagen (VW) saat ini menjadi sorotan publik dunia terlebih para produsen otomotif dunia. Tapi kalau coba ditelaah, mana sih yang lebih baik. Diesel atau bensin ya?

Nah kali ini  melihat secara keseluruhan, seperti dilansir Detik, Senin (28/9/2015).

Pembuktian kali ini akan dibagi dalam 4 bagian, yakni sejarah bahan bakar (Firestarter), ketangguhan mesin diesel, bahan bakar bensin, dan dampak kesehatan dan lingkungan dari keduanya. Penasaran bagaimana keduanya, memenuhi kebutuhan kendaraan Anda. Simak yang satu ini bro.

1. Sejarah bahan bakar (Firestarter)

Dikatakan bensin tidak langsung ditemukan begitu saja. Bensin awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh Edwin Drake, saat menggali sumur minyak pada 1859.

Kemudian dirinya langsung mensuling minyak mentah tersebut untuk memproduksi minyak tanah. Tapi proses penyulingan ini melahirkan produk minyak lainnya juga, termasuk bensin. Pada saat itu, Drake tidak menggunakan apapun peran bensin tersebut. Saat itu bensin tercipta melalui proses distilasi fraksional, sedangkan minyak tanah tidak.

Penemuan Edwin ini langsung dikembangkan oleh Karl Benz yang melahirkan Benz Motorwagen pada 1886. Saat itu bensin masih kurang digemari, hingga setelah 2 dekade berikutnya dengan munculnya mobil bertenaga bensin membuat bahan bakar ini semakin digemari.

Pom bensin pom bensin pertama ada di St Louis yang didirikan oleh Automobile Gasoline Co, anak perusahaan dari Sheel di California. Waktu itu dikatakan SPBU hanya memiliki 5 galon bensin yang ditaruh dibelakang SPBU, dan membawanya kedepan jika ada kendaraan yang hendak mengisi. Namun siapa yang menyangka sudah ada 300.000 mobil pada 1908.

Sampai hari ini, bensin masih lebih populer daripada bahan bakar diesel. Diesel diabaikan sebagai sampah lebih dari beberapa dekade dibandingkan bensin. Percaya atau tidak, bahan bakar diesel dibuang sebagai produk sampingan dari penyulingan minyak fosil selama lebih dari 40 tahun sejak ditemukan.

Namun kata diesel muncul pertama kali digunakan sejak 1894  dengan meminjam nama terakhir Rudolf Diesel dan salah satu seorang desainer mesin revolusioner.

Akan tetapi sebagai catatan, setelah dua dekade ditemukannya diesel. Penemuan mesin kompresi pada tahun 1892, tenaga diesel diterapkan untuk kereta api, kapal, traktor, dan kapal.

Dan kini memasuki 2015, mobil diesel sudah menguasai penjualan mobil baru di Eropa.

2. Tenaga mesin diesel

Pada tingkat molekuler, bahan bakar diesel mengandung atom karbon lebih banyak dibandingkan bensin. Selanjutnya, produksi diesel lebih murah dan dibutuhkan penyulingan lebih sedikit dibandingkan bensin.

Berkat rantai karbon yang lebih berat, diesel memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi daripada bensin. Dengan kompresi 40.8 x 106 Joule per 1 liter untuk diesel, dibandingkan dengan 34.7 x 106 Joule per 1 liter bensin.

Diesel menghasilkan energi panas yang lebih tinggi daripada bensin. Namun, memiliki torsi yang lebih tinggi.

Kita semua tahu bahwa mesin diesel yang dibuat lebih kuat dari motor bensin. Hal ini meningkatkan berat komponen. Dengan kecepatan apapun, mesin diesel jauh lebih terdengar dari motor bensin, dan memiliki getaran yang lebih.

Hal ini karena tidak ada busi untuk menyalakan bahan bakar langsung di dalam pembakaran. Namun sistem pembakaran dilakukan hanya saat mengompresi campuran bahan bakar dengan udara sampai bahan bakar menyatu dengan sendirinya dalam silinder.

3. Bensin

Sebagai informasi BBM bensin lebih ringan dari bahan bakar diesel, alasan utama itu membuat bensin menguap lebih cepat dan lebih mudah terbakar.

Dibandingkan bahan bakar diesel, bensin memiliki jarak dan torsi yang berbeda. Mesin bensin memiliki bobot yang lebih ringan dan pada kurva torsi yang lebih luas. Selanjutnya pembakaran mensin bensin bisa menghasilkan suara yang jauh lebih merdu daripada diesel.

Sementara mesin bensin tidak mendapatkan jarak tempuh yang sama dan torsi seperti diesel. Namun pengguna bensin bensin akan menawarkan tenaga kuda yang lebih besar.

Sehingga bisa dipastikan, kecepatan tertinggi diberikan oleh tenaga kuda (keungulan mesin bensin) . Sedangkan akselerasi sebagian besar tergantung pada torsi, dan ini lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin.

Perbedaan lainnya antara bensin dan diesel adalah bahwa kinerja bensin diukur melalui nilai oktan (semakin tinggi oktan, semakin kompresi bahan bakar dapat menahan sebelum memicu). Sedangkan kinerja diesel diukur melalui cetane number (indikator kecepatan pembakaran bahan bakar).

4. Mana lebih baik bensin atau diesel?

Dikatakan skandal emisi Volkswagen tidak perlu ditertawakan, karena banyak orang cenderung menuding diesel tanpa mengetahui bagaimana bahan bakar ini lebih mencemari dibandingkan dengan bensin.

Euro mesin diesel 6-compliant menghasilkan karbon dioksida (CO2) yang lebih sedikit, tapi motor bensin juga menghasilkan oksida mono-nitrogen (NOx) emisi.

Meskipun bensin sekarang tanpa timbal, setidaknya banyak bahan kimia berbahaya yang terbuang disaat proses pembakaran. Seperti bahan Benzena dan antiknocking aditif yang paling karsinogenik.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 2,9 persen kematian pada 2012 yang dikaitkan dengan kanker paru-paru, trakea, kanker bronkus, disebabkan oleh bahan kimia ini. Dan angka ini menjadi penyebab utama kematian kelima di dunia, membunuh lebih dari 1,6 juta orang.

Begitu juga CO2 adalah sebuah gas yang bisa membuat sesak nafas, membuat orang mengantuk dan memberikan kita perasaan pengap di paru-paru kita. Hasil dari asap fotokimia yang datang dari bensin yang tidak terbakar dan penguapan dari tangki bahan bakar.

CO2 juga dikatakan dapat mengumpul permukaan tanah. Sehingga banyak hewan dan anak meninggal karena hal ini. Karbon oksida adalah yang paling berbahaya dari gas rumah kaca.

CO2 dianggap menjadi sesuatu yang berbahaya di antara efek gas rumah kaca (seperti metana, ozon, nitrous, dan sebagainya), karena memberikan pengaruh pemanasan lebih besar dari semua gas lainnya. Namun, jangan berpikir diesel itu lebih buruk hanya karena mengeluarkan CO2 lebih banyak dibandingkan bensin.

Para ilmuwan setuju bahwa gas NOx yang berasal dari diesel adalah penyebab pemanasan yang melebihi CO2, jika membias bisa merusak atmosfer.

Namun, seperti yang ditunjukkan sebelumnya, efek pemanasan global CO2 yang berlangsung lebih lama dari yang dikaitkan dengan gas NOx. Ini menjadi masalah jangka pendek dan jangka panjang, dan asap knalpot yang berasal dari mesin diesel (termasuk NOx) bisa menjadi sesuatu yang mematikan.

Jika Anda berdiri di samping mobil bertenaga mesin diesel, Anda pasti akan mencium bau ciri khas gas buang diesel. Dikatakan itulah gas yang paling jahat yang dikeluarkan dari mesin diesel.

Tidak sampai disitu, NOx juga dikatakan menjadi satu penyebab kelembaban dan amonia. Dalam skenario kasus terburuk, senyawa yang dihasilkan oleh NOx di atmosfer dapat menyebabkan mutasi biologis.

Di hadapan sinar matahari, NOx akan membentuk ozon, menyebabkan efek samping yang merusak jaringan paru-paru untuk anak-anak, orang tua, dan penderita asma. Dibandingkan dengan efek pemanasan global CO2, emisi NOx merupakan salah satu penyebab utama pendinginan global.

Berita Lainnya

Index