Inilah 10 Buah yang Ampuh Bakar Lemak Perut Bikin Perut Jadi Rata

Inilah 10 Buah yang Ampuh Bakar Lemak Perut Bikin Perut Jadi Rata

Metroterkini.com - Tak cuma kaya antioksidan dan mineral penting, buah juga bisa membantu membakar lemak perut secara alami dan mendorong penurunan berat badan. Apa saja buah pembakar lemak perut yang paling ampuh?

Menurunkan berat badan bukan perkara mudah. Perjalanan penurunan berat badan bisa menjadi sangat berat bagi beberapa orang, utamanya jika hasil tak juga terlihat.

Proses penurunan berat badan yang sehat membutuhkan waktu lama. Proses ini berlangsung berkelanjutan hingga Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Selain rutin berolahraga dan beristirahat dengan cukup, Anda juga perlu mengelola asupan makanan jika ingin menurunkan berat badan. Masukkan daftar makanan yang tepat ke dalam menu harian.

Pastikan makanan yang masuk ke dalam menu harian memiliki profil gizi yang lengkap. Salah satu yang bisa dimasukkan adalah buah.

Buah pembakar lemak perut

Buah dikenal kaya akan senyawa antioksidan serta mineral dan vitamin penting untuk tubuh. Tapi tak cuma itu, buah juga dapat membantu proses penurunan berat badan.

Berikut daftar buah pembakar lemak perut yang bisa Anda coba, merangkum berbagai sumber.

1. Apel
Mengutip NDTV, apel mengandung banyak senyawa antioksidan flavonoid dan serat sehat. Kandungan ini membuat apel menjadi salah satu buah terbaik untuk mengusir perut buncit.

Serat pektin pada apel terurai secara perlahan. Proses yang lebih panjang ini dapat mempertahan rasa kenyang dalam waktu lebih lama hingga Anda tak makan berlebihan setelahnya.

Selain itu, apel juga rendah kalori dan gula. Hal ini membuatnya jadi pilihan ideal sebagai buah untuk diet.

2. Tomat
Tomat merangsang produksi asam amino yang disebut karnitin. Nama terakhir merupakan molekul organik yang berperan penting dalam pengaturan asam lemak dan proses metabolisme.

Tomat juga diperkaya dengan senyawa 9-oxo-ODA yang membantu mengurangi lipid dalam darah dan memastikan penurunan berat badan yang sehat.

Sama seperti apel, tomat juga mengandung serat yang bisa menahan rasa lapar berlebih.

3. Jambu biji
Jambu biji kaya akan serat yang bisa membantu mempertahankan rasa kenyang dan mencegah makan berlebih. Hal ini membuat jambu biji jadi salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, indeks glikemik pada jambu biji juga terbilang rendah. Hal ini memungkinkan pelepasan gula secara perlahan dalam aliran darah dan meningkatkan aktivitas insulin serta manajemen berat badan yang lebih baik.

4. Stroberi
Stroberi merupakan salah satu buah rendah kalori. Satu porsi stroberi seberat 100 gram hanya mengandung 33 kalori.

Dengan kandungan kalori di atas, maka stroberi cocok dijadikan buah untuk diet.

5. Kiwi
Buah berwarna hijau ini dikenal karena kemampuannya melancarkan pencernaan secara alami. Khasiat ini didapat dari kandungan enzim actinidain di dalamnya yang membantu pencernaan protein dalam tubuh. Pencernaan yang baik sendiri membantu proses penurunan berat badan yang sehat.

6. Pisang
Meski punya reputasi buruk karena kandungan gulanya yang tinggi, namun pisang sebenarnya bisa dijadikan salah satu buah untuk mengusir perut buncit.

Mengutip Times of India, pisang kaya akan pati resisten atau sejenis karbohidrat yang sulit dicerna. Pati resisten bisa bertindak seperti serat larut yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, pati resisten dalam pisang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini memudahkan tubuh untuk membakar lemak.

7. Jeruk
Tak cuma melawan flu, jeruk juga bisa membantu proses penurunan berat badan. Khasiat ini didapat dari kandungan vitamin C yang ditemukan dalam jeruk.

Vitamin C pada jeruk dapat membantu tubuh membakar lemak lebih efisien. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, asupan vitamin C yang tinggi terkait dengan lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil.

Selain jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi buah sitrus lainnya untuk menurunkan berat badan seperti lemon.

8. Semangka
Kandungan air yang tinggi pada semangka dan melon membantu tubuh tetap terhidrasi dan membuat Anda merasa kenyang.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrition mengaitkan konsumsi semangka dengan penurunan berat badan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh asam amino citrulline yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak.

9. Alpukat
Alpukat juga menjadi buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Mengutip Health, studi tahun 2021 menemukan, wanita dengan obesitas mengalami penurunan lemak visceral setelah mengonsumsi alpukat setiap hari selama 12 minggu.

Selain lemak visceral, lemak subkutan yang ada di bawah permukaan kulit pada kelompok partisipan itu juga berkurang.

10. Pir
Selain terbukti menurunkan kadar gula darah, buah pir juga jadi satu buah pembakar lemak perut.

Sebuah studi mengamati, partisipan dengan sindrom metabolik mengalami penurunan ukuran lingkar pinggang secara signifikan setelah mengonsumsi buah pir setiap hari selama 12 minggu.

Satu buah pir sendiri menyediakan 106 kalori. Sekitar 30 persen dari hampir 6 gram (g) buah pir merupakan serat larut. [**]
 

Berita Lainnya

Index