Awal 2015 Google Menginvestasikan USD1 Miliar Pada SpaceX

Awal 2015 Google Menginvestasikan USD1 Miliar Pada SpaceX

Metroterkini.com - Awal tahun ini Google dan Fidelity Investments menginvestasikan USD1 miliar untuk Space Exploration Technologies (SpaceX). Google dan Fidelity Investments hanya memiliki kurang dari 10% saham SpaceX, perusahaan antariksa yang didirikan miliarder, Elon Musk. Kesepakatan itu menjadikan SpaceX bernilai USD10 miliar.

Musk yang juga menjabat sebagai chief executive officer (CEO) perusahaan mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla Motors, menjelaskan tentang penggunaan satelit untuk menyediakan akses internet ke penjuru dunia. SpaceX didirikan oleh Musk pada 2002 dan dia juga sangat vokal tentang tujuan puncaknya, kolonisasi Mars.

”Dana itu akan digunakan untuk inovasi dalam manufaktur satelit dan transportasi antariksa,” papar pernyataan SpaceX, dikutip BBC.

Pengamat menilai, kesepakatan itu sebagai langkah raksasa teknologi Google untuk memperluas akses internet ke berbagai bagian terpencil di dunia. Di sisi lain, Google juga meningkatkan kehadiran di sektor antariksa. Juni lalu Google membeli perusahaan satelit Skybox Imaging senilai USD500 juta.
"Google dan Fidelity bergabung dengan para investor yang sudah lebih dulu yakni Founders Fund, Draper Fisher Jurvetson, Valor Equity Partners serta Capricorn," ungkap SpaceX.(nt)

Berita Lainnya

Index