Tips Merawat Wajah dengan Pori Besar agar Tak Berjerawat

Tips Merawat Wajah dengan Pori Besar agar Tak Berjerawat

Metroterkini.com - Punya pori-pori kulit yang besar lebih rentan untuk dimasuki debu dan kotoran lainnya. Oleh karena itu Anda harus rajin merawatnya, supaya tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

Kemudian saat ini banyak produk perawatan yang menawarkan untuk membantu memperkecil pori-pori, sehingga kotoran tidak mudah masuk dan menumpuk di dalamnya.

Namun sayangnya sebagian orang malah mengabaikan hal ini, padahal merawat agar pori-pori agar tidak melebar adalah hal yang cukup penting.

Dikutip dari laman Times India, berikut ini cara merawat wajah dengan pori-pori besar.

1. Rajin Cuci Muka

Jika Anda tahu bahwa pori-pori besar terjadi di wajah, maka jangan sampai melewatkan membersihkan diri setiap hari. Cucilah muka Anda dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Gunakan dua kali dalam sehari, agar kulit tetap lembab dan bersih.

Mencuci muka Anda dengan facial foam, tak hanya akan membersihkan wajah Anda. Namun ini juga sekaligus menghidrasi kulit Anda, supaya tidak mudah kering dan tetap segar tentunya.

2. Eksfoliasi

Selanjutnya adalah eksfoliasi atau menggosoknya dengan menggunakan scrub. Sehingga kotoran yang menyumbat di pori-pori Anda yang besar akan terangkat, dan kebersihan kulit tetap terjaga.

Eksfoliasi bisa dilakukan sebelum mencuci wajah Anda dengan facial foam. Caranya, olesi wajah hingga leher dengan scrub, kemudian diamkan selama 3-5 menit. Setelah itu gosok perlahan secara lembut. Lalu bilas dengan air dan dilanjutkan mencuci muka.

3. Jangan Sering Memegang Wajah

Kemudian jangan terlalu sering memegang wajah dengan tangan Anda. Apalagi jika tangan yang menyentuh sedang kotor, ini akan membuat pori-pori wajah Anda yang lebar mempermudah kotoran masuk ke dalam.

Apabila hal tersebut terjadi, maka berbagai masalah kulit wajah akan menghampir. Misalnya banyak komedo, jerawat, kulit kasar hingga warna kulit menjadi kusam.

4. Gunakan Primer dan Sunscreen

Primer dan sunscreen berfungsi untuk menutupi pori-pori besar Anda. Terlebih, jika akan memoleskan makeup ke wajah, ini akan membuat kulit Anda terjaga, dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Primer dan sunscreen juga jadi bagian penting dari base make up Anda. Bahkan saat malam hari, dianjurkan untuk tetap memakai sunscreen, lho. Guna mencegah flek hitam yang akan muncul. [**]

Berita Lainnya

Index