5 Obat Herbal untuk Mengatasi Batuk Kering 

5 Obat Herbal untuk Mengatasi Batuk Kering 

Metroterkini.com - Batuk kering tidak dapat mengeluarkan lendir, dahak, atau iritasi dari paru-paru dan saluran hidung. Batuk kering dapat bertahan selama berminggu-minggu setelah pilek atau flu. 

Selain itu, batuk kering juga dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, seperti asma dan GERD. Batuk kering bisa sangat tidak nyaman dan dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Ada sejumlah perawatan klinis yang dapat digunakan untuk meringankannya, tetapi ada juga pengobatan rumahan yang bisa efektif untuk mengatasi batuk kering. 

Dilansir dari Healthline, berikut adalah obat herbal untuk mengatasi batuk kering. 

1. Madu 
Untuk orang dewasa dan anak-anak usia 1 tahun ke atas, madu dapat digunakan untuk mengobati batuk kering pada siang dan malam hari. Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu melapisi tenggorokan serta mengurangi iritasi. 

Satu studi di tahun 2007 menemukan bahwa madu lebih berhasil daripada dekstrometorfan, untuk mengurangi serangan batuk di malam hari pada anak-anak. Untuk menghindari botulisme bayi, yakni komplikasi langka yang dapat terjadi pada bayi, jangan memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun. 

2. Kunyit 
Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri.  Kunyit mungkin juga bermanfaat untuk beberapa kondisi, termasuk batuk kering. 

Curcumin paling baik diserap ke dalam aliran darah ketika dikonsumsi dengan lada hitam. Cobalah menambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman. 

3. Jahe 
Jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Jahe juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit. 

Untuk mengatasi batuk kering, cobalah konsumsi teh jahe hangat yang ditambahkan madu. 

4. Akar marshmallow 
Akar marshmallow adalah sejenis herbal yang sering digunakan dalam sirup obat batuk dan tablet hisap untuk menenangkan batuk kering. Studi menemukan bahwa akar marshmallow adalah pengobatan yang efektif untuk menenangkan tenggorokan dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kering. 

5. Peppermint 
Peppermint mengandung mentol, yang membantu mematikan ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk.  Herbal ini dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi keinginan untuk batuk. 

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi peppermint, seperti minum teh peppermint atau mengisap pelega tenggorokan peppermint.  

Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meringankan batuk di malam hari. [**]
 

Berita Lainnya

Index