Manfaat Baking Soda untuk Wajah, Hingga Pencerah Alami

Manfaat Baking Soda untuk Wajah, Hingga Pencerah Alami

Metroterkini.com - Selain digunakan untuk bahan pembuat kue, baking soda rupanya memiliki beragam manfaat lain, tidak terkecuali untuk wajah, mulai dari mencerahkan sampai menghilangkan jerawat. Apa saja manfaat baking soda untuk wajah?

Namun, perlu diingat bahwa baking soda merupakan salah satu bahan yang keras. Oleh karena itu perhatikan takaran saat menggunakannya dan usahakan untuk mencampurkannya dengan bahan alami lain.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat baking soda untuk wajah. 

Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat baking soda untuk kulit wajah adalah membuatnya tampak lebih cerah. Dengan campuran jus jeruk, baking soda dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan menghilangkan kotoran.

Kandungan vitamin C pada jeruk akan menambahkan cahaya alami, sementara baking soda berperan dalam menghilangkan kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Menghilangkan Jerawat

Khasiat baking soda untuk melakukan pengelupasan ringan pada kulit menjadikannya membantu membantu menghilangkan jerawat dari wajah Anda juga. Jangan lupa untuk mengencerkan baking soda dengan air sebelum mengoleskannya ke wajah.

Soda kue tidak hanya mengeringkan jerawat. Kandungan anti bakteri di dalamnya juga bisa mencegah jerawat lebih lanjut.

Meringankan Flek Hitam

Manfaat baking soda untuk wajah selanjutnya adalah menghilangkan flek hitam. Hal tersebut mengingat bahan satu ini punya sifat pemutihan yang membantu memudarkan bekas dan bintik-bintik pada kulit. Namun, supaya tidak terlalu keras untuk kulit wajah, cobalah mencampurkannya dengan jus lemon.

Mencegah Komedo

Jika Anda memiliki kulit berminyak, komedo pasti menjadi salah satu permasalahan wajah yang sering muncul, terlebih jika pori-pori Anda cenderung besar.

Untungnya, soda kue dapat membantu dalam meminimalkan masalah komedo dengan menutup pori-pori kulit wajah atau sedikit mengecilkannya. Kandungan astringent pada baking soda akan membantu menutup pori-pori dan mencegah kotoran menyumbat di dalamnya.

Menghilangkan Sel Kulit Mati

Kotoran dan polusi yang menempel di kulit terkadang tidak bisa hilang meski sudah mencuci wajah. Untuk menghilangkan partikel debu kecil ini, Anda membutuhkan pembersih yang lebih efektif dalam membersihkan pori-pori. Salah satunya, Anda dapat menggunakan soda kue sebagai pengganti produk scrub.

Memerahkan Bibir

Keseharian Anda menggunakan produk bibir dapat membuat area tersebut menjadi kering dan menggelap. Hal ini juga diakibatkan oleh paparan sinar matahari selama beraktivitas.

Nah, inilah manfaat baking soda untuk wajah berikutnya. Jika ingin mengembalikan warna alami bibir, Anda dapat menggunakan soda kue yang dicampur madu supaya tidak bersifat terlalu keras.

Mencerahkan Lutut dan Siku

Siku dan lutut merupakan dua bagian yang kerap terlihat lebih gelap daripada area lain di sekitarnya. Jika Anda merasa terganggu dengan hal ini, cobalah untuk mencerahkannya dengan campuran soda kue dan jus kentang karena keduanya memiliki sifat pemutih alami. [**]
 

Berita Lainnya

Index