Inilah 8 Jenis Makan Diet untuk Pengganti Nasi 

Inilah 8 Jenis Makan Diet untuk Pengganti Nasi 

Metroterkini.com - Sedang mencoba diet turun berat badan? Cari makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa bantu turunkan berat badan.
Beberapa makanan pengganti nasi untuk diet bisa mempengaruhi proses penurunan berat badan lebih efektif. Pilih jenis pengganti nasi untuk diet yang rendah kalori dan karbohidrat.

Tak melulu mengganti nasi putih dengan merah, ada beberapa makanan pengganti nasi untuk diet yang mungkin tidak kamu sangka. Salah satunya kembang kol yang bisa menjadi pengganti nasi untuk diet lho.

Selain itu, sejumlah makanan menjadi pengganti nasi untuk diet memiliki cita rasa lezat dan mengenyangkan. Yuk coba makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Berikut deretan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa kamu coba campurkan dengan lauk harian penambah cita rasa serta mengenyangkan:

1: Kembang Kol
Mengutip dari Healthline, kembang kol bisa menjadi pengganti nasi untuk diet. Ini merupakan makanan pengganti nasi untuk diet yang sangat bergizi dan sarat akan folat, vitamin K, dan serat.

Selain itu, kembang kol juga rendah kalori. Satu porsi atau 1/2 cangkir (57 gram) kembang kol hanya memiliki 13 kalori dibandingkan dengan 100 kalori untuk porsi nasi putih yang sama.

Makanan pengganti nasi untuk diet ini juga rendah karbohidrat yang cocok dipasangkan dengan menu lauk apa pun. Kembang kol kaya akan serat, vitamin C, K, folat, potasioum, dan magnesium yang baik.

2: Mashed Potato
Mashed potato bisa menjadi pengganti nasi untuk diet. Cara membuatnya hanya dengan merebus kentang dan haluskan. Kemudian konsumsi bersama sedikit garam dan lada agar lebih lezat.

Mashed potato bisa menjadi pengganti nasi untuk diet atau camilan harian. Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian menemukan bahwa proses pendinginan kentang rebus memungkinkan mereka untuk membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi.

Hal tersebut tentu sangat baik untuk mengatur metabolisme, melawan kelebihan lemak, dan meningkatkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Kentang rebus memiliki jumlah kalori yang hampir sama dengan ubi jalar dan lobak, menjadikannya pilihan yang sangat baik sebagai makanan pengganti nasi untuk diet.

3: Talas
Talas termasuk makanan pengganti nasi untuk diet yang baik kamu konsumsi saat ingin turun berat badan. Kandungan makanan pengganti nasi untuk diet ini kaya akan serat hingga 78% pati. Tidak hanya itu, talas juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, dan zinc.

4: Brokoli
Brokoli bisa menjadi alternatif pengganti nasi untuk diet rendah karbohidrat atau kalori. Kandungan nutrisinya mirip dengan kembang kol, 1/2 cangkir (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Makanan pengganti nasi untuk diet itu juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

5: Quinoa
Quinoa termasuk biji-bijian yang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diet. Meskipun tekstur dan rasa mirip nasi, quinoa tetap bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diet terbaik buat kamu yang sedang menjalani program turun berat badan.

Makanan pengganti nasi untuk diet yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya dibanding nasi putih. Faktanya, satu porsi atau 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.

6: Jelai
Pernahkah kamu makan jelai? Ini termasuk makanan pengganti nasi untuk diet. Jenis biji-bijian ini terlihat mirip gandum dan memiliki tekstur kenyal.

Makanan pengganti nasi untuk diet tersebut memiliki karbohidrat seperti nasi namun mengandung lebih banyak protein dan serat. Terdapat kandungan zinc, selenium, dan antioksidan yang disebut lignan untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Kamu bisa memasak jelai dalam air panas dengan api sedang. Masak hingga jelai melunak sekitar 25 sampai 30 menit. Padukan dengan berbagai menu favoritmu.

7: Ubi
Ada ubi sebagai makanan pengganti nasi untuk diet. Ubi kaya karbohidrat, serat, dan mineral sehingga bisa membantu melawan penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

100 gram ubi mentah mengandung 86 kalori, 1,6 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 3 gram serat total. Kamu bisa memasak ubi sebagai pengganti nasi untuk diet dengan cara merebus, kukus, atau digoreng juga nikmat.

8: Kubis
Selanjutnya ada makanan pengganti nasi untuk diet, yakni kubis. Makanan pengganti nasi untuk diet ini rendah kalori dan karbohidrat.

Mengutip Medical News Today, kubis juga mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Kubis kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, dan vitamin C serta E.

Penelitian menunjukkan kubis bisa melindungi tubuh dari kolesterol tinggi, masalah hati, pankreatitis, dan penyakit jantung. Jadi, kubis tidak hanya bagus menjadi makanan pengganti nasi untuk diet. [**]
 

Berita Lainnya

Index