Tips Make Up Tahan Lama Untuk Tipe Kulit Kering, Kuncinya Disini!

Tips Make Up Tahan Lama Untuk Tipe Kulit Kering, Kuncinya Disini!

Metroterkini.com - Memiliki tipe kulit kering pada wajah kerap membuat make up jadi sulit menempel. Untuk mengatasi persoalan tersebut sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan.

Konsultan kecantikan Viva Cosmetics Tini Renan menjelaskan bahwa kulit kering seperti orang Asia kebanyakan teksturnya kasar bahkan ada yang sampai mengelupas. Sehingga butuh pelembab yang sangat bagus.

"Kemudian karena kulit Asia lebih kasar daripada kulit Eropa, jadi teksturnya agak tebal. Sehingga memerlukan peeling atau scrub untuk membuat kulit mereka halus," kata Tini ditemui di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Setelah dilakukan peeling, bisa dioleskan soothing lotion yang berfungsi untuk mendinginkan, melembabkan, juga menghindari terjadinya iritasi kulit. Tini menyarankan untuk memilih soothing lotion yang mengandung aloevera karena tumbuhan itu sangat baik untuk kulit.

"Setelah itu baru prosesnya bertata rias. Setelah kulitnya bagus, halus, hasilnya akan sangat bagus," ujarnya.

Pada dasarnya, teknik bertata rias atau make up untuk tipe kulit apa pun sama saja. Ia membagikan tahapan make up yang benar cukup dengan memakai pelembab, kemudian foundation sesuai dengan kebutuhan. Baru loose powder atau bedak tabut dan kunci dengan compact powder.

Iklim Indonesia yang tropis kerap membuat make up jadi luntur akibat udara panas. Tini mengingatkan, saat kondisi tersebut usahakan wajah harus bersih dari debu.

"Di Asia, terutama Indonesia, kita cenderung berdebu. Sehingga harus bersihkan dari debu dan buat kulit selembab mungkin. Kalau sudah lembab enak sekali diaplikasikan karena mudah. Selain bersih, lembab, foundation yang diaplikasikan sangat mudah menempel," sarannya.

Perempuan yang sudah bekerja sebagai make up artis selama lebih dari 40 tahun itu juga menambahkan bahwa kulit wajah Asia sebenarnya cenderung lebih sehat dibandingkan kulit wajah perempuan di Eropa.

Selain karena faktor genetik, cuaca juga sangat mempengaruhi kondisi kulit. Meski sama-sama kering, tapi kulit wajah yang kering di Eropa sangat berbeda dengan di Indonesia.

"Kulit mereka yang usia 20 di sini dan di sana aja beda banget. Kulit orang sana cenderung tipis teksturnya. Kalau kulit kita sehat," kata Tini. [**]

Berita Lainnya

Index