Kulit Kamu Berminyak? Pakai 6 Cara Ini Agar Makeup Tahan Lama

Kulit Kamu Berminyak? Pakai 6 Cara Ini Agar Makeup Tahan Lama

Metroterkini.com - Bagi seseorang yang memiliki wajah berminyak, tentunya memilih produk makeup menjadi salah satu hal yang cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, wajah berminyak cenderung dapat membuat makeup menjadi mudah luntur, pudar, dan wajah terlihat mengkilap. Pemilihan makeup bagi kulit berminyak cukup tricky dan kamu bisa melakukan beberapa kiat efektif agar makeup tetap stay dan tahan lama.

Berikut beberapa kiat makeup agar tahan lama untukmu yang memiliki kulit berminyak. Simak yuk!

1. Menggunakan Pelembap
Dilansir dari Beautybay, salah satu rahasia agar makeup tahan lama dan sempurna adalah perawatan kulit. Semakin halus, cerah, dan bersih kulitmu secara alami, maka semakin sedikit pengerjaan makeup yang kamu lakukan.

Apabila kamu memiliki kondisi kulit wajah yang oily, kamu bisa memastikan bahwa kulitmu sudah dibersihkan dan kamu juga telah menggunakan skincare, seperti pelembap.

Penggunaan pelembap merupakan salah satu langkah yang nggak boleh di-skip ya, Beauties! Kamu bisa menggunakan pelembap dengan tekstur yang ringan agar kulitmu tetap terhidrasi dan tidak terlihat terlalu berminyak.

2. Tidak Lupa Menggunakan Toner dan Essence
Selain menggunakan pelembap, kamu juga perlu menggunakan toner dan essence. Penggunaan toner dilakukan untuk memastikan bahwa produk skincare dan makeup untuk kulit berminyak dapat meresap dengan baik. Selain itu, untuk essence tentunya dapat menutrisi kulitmu.

Pilihlah produk toner dan essence yang menyegarkan, meregenerasi, dan tidak membuat iritasi, serta pilihlah produk yang dapat digunakan untuk mengontrol minyak dan pori-pori.

3. Menggunakan Primer
Jangan lupa juga untuk menggunakan primer untuk meratakan dan menghaluskan kulit, serta tentunya dapat membuat pori-pori tersamarkan.

Penggunaan primer juga dapat membangun lapisan pelindung antara kulit dan makeup yang akan digunakan. Selain itu, penggunaan primer pun dapat membantu mencegah minyak yang dihasilkan kulit wajah sehingga makeup dapat menempel dan lebih tahan lama.

Fokuskan penggunaan primer pada area T-zone yang memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan area lain.

4. Memperhatikan Penggunaan Foundation dengan Formula yang Ringan

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, sebelum membeli foundation ada baiknya kamu mengetahui beberapa formula yang terkandung dalam foundation yang akan kamu gunakan.

Kamu bisa memilih penggunaan foundation yang bebas minyak dan bisa memberikan hasil matte pada kulit wajah. Selain itu, jangan terlalu berlebihan ketika menggunakan foundation karena mudah rusak di kulit berminyak. Pastikan juga kamu harus memilih foundation yang tetap melembapkan kulit.

5. Menggunakan Bedak Tabur
Penggunaan bedak tabur sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, karena bedak tabur dapat menyerap minyak dengan baik pada wajah, sehingga wajah tidak akan terlihat mengkilap.

Mengutip dari Wolipop, kamu bisa menggunakan bedak tabur transparan sebelum menggunakan foundation atau kamu juga bisa menggunakan bedak tabur sesuai tone warna kulit setelah menggunakan foundation.

6. Jangan Lupa untuk Menggunakan Setting Spray
Last but not least, agar makeup kamu lebih tahan lama, kamu bisa menggunakan setting spray untuk mengunci makeup agar tidak mudah luntur.

Setting spray bekerja dengan membentuk lapisan tipis yang tidak terlihat di atas makeup-mu dan tentunya kamu harus memastikan bahwa setting spray yang kamu gunakan bisa menahan makeup. [**]

Berita Lainnya

Index