Peringati Hari Asyura, Bupati Sukiman Serahkan Bantuan

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 03:32:31 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Masyarakat Dusun Surau Tinggi, Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Peringatan 10 Muharram 1442 Hijriyah atau yang biasa disebut dengan Peringatan hari Asyura, turut dihadiri langsung Bupati Rohul H. Sukiman, di Mesjid Nurul Iman, Surau Tinggi, Sabtu (29/8/2020) sore.

Manfaatkan Momentum Hari Asyura, dikegiatan itu Bupati Rohul H. Sukiman memberikan santunan kepada anak yatim, memberikan bantuan Mesjid Nurul Iman senilai Rp 25 Juta dan menebar 10 ribu Benih Ikan untuk masyarakat Surau Tinggi.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan peringatan hari Asyura ini merupakan hari bersejarah yang diagungkan oleh umat Muslim khusunya di Dusun Surau Tinggi. Karena hari Asyura merupakan hari bersejarah yang diagungkan dari masa ke masa.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan Peringatan Hari Asyura di Mesjid Nurul Iman ini, semoga hendaknya kita menyambut hari Asyura dengan banyak mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sejarah dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” harap Sukiman.

”Mudah-mudahan lewat memomentum peringatan hari Asyura ini, kita lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga negeri kita menjadi negeri Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur,” harapnya.

Mantan Dandim Inhil ini juga memberikan bantuan kepada anak yatim ini agar memanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan keperluan pendidikan. “Kemudian bantuan Mesjid Nurul Iman bisa dimanfaatkan dalam rangka pembagunan Mesjid dan Anak yatim,” ujarnya.

Usai Peringatan Hari Asyura, Bupati H. Sukiman juga menyempatkan menebar 10 ribu benih ikan, Ia berharap kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat bersama budidaya perikanan tersebut, bahkan bisa dijadikan sebagai Lubuk Larangan.

“Kita berharap 10 ribu benih ikan ini setahun lagi bisa berkembang, dimanfaatkan untuk masyarakat dan diminta tidak boleh memancing selama satu tahun, tepatnya 29 Agustus 2021 baru bisa dipanen, tolong pak Kades diingatin warganya,” ujarnya.

“Kita berharap kepada masyarakat disamping Perikanan, sektor Pertanian juga perlu dikembangkan dengan memanfaatkan lahan kosong,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Rambah Adi Saputra mengatakan momentum Peringatan Hari Asyura, Pemdes Rambah juga memberikan santunan anak yatim sebanyak 16 orang, dengan harapan bisa membantu keperluan sekolah.

“Bantuan untuk anak yatim agar kita bisa membantu mereka untuk biaya pendidikan, karena hari Asyura itukan indentik dengan menyantuni anak yatim, dengan santunan tersebut biaya pendidikan mereka bisa terbantu, untuk tiga dusun, Surau Tinggi Selatan, Utara dan Timur, sebanyak 16 orang senilai Rp 700 ribu/orang,” terangnyq.

Momen Kunker Bupati di Desanya, Adi juga menyampaikan beberapa aspirasi masyarakat seperti pembangunan infrastruktur jalan.

Terkait bantuan benih ikan yang sudah ditebar Bupati, Adi juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mengambil Ikan tersebut dengan cara apapun dan akan menjadikan danau tersebut menjadi Danau Larangan.

“Bantuan Ikan yang ditebarkan Bupati, saya akan berusaha melarang masyarakat untuk memancing ikan tersebut karena danau ini akan menjadi danau larangan, karena Pak Bupati ingin di 2021 Agustus baru bisa Panen dan pancing bersama-sama. Mungkin ini bisa jadi diperkuat dengan Perdes, karena nanti akan saya konsultasikan dengan BPD dan Kadus, kalau bisa kita Perdeskan,” pungkasnya. [Adv/Diskominfo Rohul]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT