Peluang Investasi Besar, Siak Ajukan Revisi Tata Ruang Kawasan Perkotaan

Peluang Investasi Besar, Siak Ajukan Revisi Tata Ruang Kawasan Perkotaan

Metroterkini.com - Peluang investasi sangat mendukung dan tambah dinamika pembangunan yang pesat jadi pertimbangan Pemkab Siak untuk merevisi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Siak Sri Indrapura.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Siak Husni Merza saat melakukan audiensi bersama Ditjen Bina Perencanaan, Tata Ruang Wilayah I Kementerian ATR/BPN untuk membahas terkait permohonan rekomendasi revisi RDTR kawasan perkotaan Siak Sri Indrapura tahun 2021-2024.

"Atas nama Pemkab Siak kami mengucapkan terimakasih, telah diterima dan bertemu untuk membahas revisi RDTR kawasan perkotaan Siak bersama Direktur Bina Perencanaan dan Tata Ruang bapak Pelopor,” sebut Husni di ruang Ditjen BPTR, Kementerian ATR/BPN Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Sebelumnya, RDTR Kawasan Perkotaan Siak Sri Indrapura, pertama kali ditetapkan Pemerintah Kabupaten Siak melalui Peraturan Bupati (Perbup) no 52 tahun 2021 periode 2021-2024. Namun karena ada beberapa perubahan kebijakan nasional yang mempengaruhi muatan pengaturan di RDTR tersebut maka dilakukan penyesuaian.

Husni juga menambahkan mengacu pada regulasi seperti PP nomor 21/2021 dan Permen ATR/BPN nomor 11/2021, Pemerintah Kabupaten Siak telah melakukan kajian review RDTR kawasan perkotaan Siak Sri Indrapura tahun anggara 2023 sebagai dasar permohonan rekomendasi revisi RDTR.

"Terkait regulasi dari Pemerintah Pusat, kami di daerah khususnya Kabupaten Siak melalui Dinas PU Tarukim dan pihak-pihak terkait telah melakukan berbagai kajian-kajian guna mengatur kawasan perkotaan Siak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan,” terangnya.

Husni berharap permohonan rekomendasi revisi RDTR ini, bisa segera disetujui sehingga Pemkab Siak memiliki pedoman dalam mengatur penataan ruang di Kabupaten Siak guna mengarahkan pembangunan yang berdaya guna, berhasil guna, dan berkelanjutan.

Yang terpenting memperhatikan aspek lingkungan, pertahanan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita telah merencanakan pengembangan rumah sakit berstandar internasional (Hospital Tourism), pengembangan koperasi dan UMKM yang nanti bisa berguna untuk kesejahteraan masyarakat banyak,” pintanya.

Direktur Bina Perencanaan dan Tata Ruang wilayah I Pelopor Kementerian AR/BPN menyambut baik kehadiran Wakil Bupati Siak beserta rombongan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia.

“Kami menyambut baik Wakil Bupati Siak dan rombongan, dokumen ini kami terima dan kita memiliki tujuan yang sama bagaimana RDTR ini, bisa memberikan manfaat bagi semua pihak,” singkatnya. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index