Penderita Diabetes Batasi Konsumsi 5 Jenis Sayuran Ini

Penderita Diabetes Batasi Konsumsi 5 Jenis Sayuran Ini

Metroterkini.com - Meski kaya akan nutrisi yang baik, ternyata ada sayuran yang sebaiknya tidak dimakan berlebihan karena 'berbahaya' untuk penderita diabetes. Apa saja?

Diabetes merupakan penyakit kronis yang membuat tubuh tak mampu memproduksi insulin dengan baik. Akibatnya, kadar gula darah pun melonjak.

Penting bagi pasien diabetes untuk selalu menjaga asupan makanan. Pasalnya, makanan punya peran penting dalam menjaga kestabilan gula darah.

Beberapa makanan manis tidak disarankan bagi penderita diabetes. Ada pula sayuran yang perlu dihindari penderita diabetes, utamanya yang mengandung karbohidrat.

Pasalnya, karbohidrat bisa memicu lonjakan gula darah dalam tubuh. Saat gula darah terus melonjak, diabetes bisa jadi semakin parah.

Pada dasarnya, tak ada sayuran yang dilarang untuk penderita diabetes. Namun demikian, ada beberapa sayuran yang perlu jadi perhatian penderita diabetes.

Salah satu penyebabnya adalah kandungan karbohidrat di dalam tepung. Berikut sayuran yang perlu dihindari penderita diabetes, melansir berbagai sumber.

1. Kentang
Melansir All Recipes, Kentang dianggap sebagai sayuran bertepung. Artinya, kentang mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan kebanyakan sayuran.

"Meski tak ada sayuran yang dilarang bagi penderita diabetes, tapi perhatikan porsinya [kentang]," ujar ahli gizi Makenzie Burgees.

2. Kacang polong
Sayuran yang 'berbahaya' untuk penderita diabetes selanjutnya adalah kacang polong.

Perhatikan porsi asupan kacang polong. Kacang polong merupakan salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat.

Dalam 175 gram kacang polong umumnya terkandung sebanyak 20 gram karbohidrat.

Anda disarankan memilih porsi yang lebih kecil dari di atas.

3. Jagung
Jagung rebus sebenarnya merupakan pilihan camilan yang sehat. Namun, hati-hati dalam mengonsumsinya.

Perhatikan kandungan karbohidrat di dalam jagung. Umumnya, 90 gram jagung mengandung sekitar 21 gram karbohidrat.

Anda disarankan memadukan jagung dengan makanan lain sumber protein dan serat.

4. Jus sayuran
Green smoothie mungkin jadi pilihan menu diet bagi banyak orang. Tapi, hal yang sama bisa jadi tak berlaku untuk pasien diabetes.

Ahli gizi Harland Adkins mengatakan, jus sayur kekurangan satu komponen kunci untuk mengatur kadar gula darah. Komponen itu adalah serat.

"Apa pun sayuran yang Anda pilih, yang terbaik adalah memakannya tanpa dijus," ujar Adkins. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat serat sepenuhnya.

Dalam setiap 250 gram jus sayuran biasanya terkandung hampir 20 gram karbohidrat. Angkanya akan meningkat jika Anda menambahkan buah pada sajian jus tersebut.

5. Labu mentega
Labu jadi sayuran favorit banyak orang. Namun, penderita diabetes tampaknya perlu memperhatikan asupannya.

Labu mentega jadi salah satu sayuran yang perlu dihindari penderita diabetes. Dalam setiap 205 gram labu mentega umumnya mengandung 16 gram karbohidrat dan kurang dari 3 gram serat.

Pastikan untuk melengkapi sajian labu mentega dengan sayuran hijau lainnya.

Demikian beberapa sayuran yang 'berbahaya' untuk penderita diabetes. Batasi asupannya dan perhatikan porsinya. [**]


 

Berita Lainnya

Index