Dampak Buruk dari Kebiasaan Pakai Tisu Basah untuk Hapus Makeup

Dampak Buruk dari Kebiasaan Pakai Tisu Basah untuk Hapus Makeup

Metroterkini.com - Membersihkan wajah sudah menjadi rutinitas sehari-hari, terlebih bagi wanita yang sehari-harinya rutin menggunakan makeup dalam beraktivitas seharian.

Umumnya, sebelum mencuci muka, Anda disarankan untuk membersihkan wajah dengan kapas dan micellar water atau bisa juga dengan susu pembersih wajah.

Namun tak sedikit pula, yang memilih untuk menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah atau menghapus makeup karena menilai cara ini lebih praktis. 

Lantas bolehkah sehari-hari menghapus sisa makeup hanya dengan menggunakan tisu basah? Adakah efek buruknya? Jawabannya sebenarnya tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kulit dan kandungan bahan dalam tisu basah tersebut.

Secara umum, tisu basah untuk wajah mengandung berbagai macam bahan kimia dan bahan pengawet yang bisa mengiritasi kulit, terutama jika digunakan secara teratur. 

Namun, ada juga tisu basah untuk wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, yang mungkin lebih aman digunakan. Namun pemakaian tisu basah sebaiknya tidak dijadikan sebagai kebiasaan, terutama jika memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi. 

Dilansir dari laman resmi Maybellne, berikut efek buruk membersihkan wajah dengan tisu basah : 

1. Kulit menjadi kering dan teriritasi karena kandungan alkohol dan bahan kimia lainnya yang terdapat dalam tisu basah. 

2. Risiko terjadinya alergi atau reaksi kulit karena paparan bahan kimia yang sensitif. 

3. Tisu basah tidak selalu efektif membersihkan secara menyeluruh, sehingga sisa-sisa makeup dan kotoran masih dapat tertinggal di kulit. 

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan metode pembersihan wajah yang lembut dan menyeluruh, seperti membersihkan wajah dengan air bersih dan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. 

Salah satu tips menjaga kesehatan dan kondisi kulit wajah yang paling basic,  adalah dengan selalu membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum dan sesudah menggunakan makeup. 

Berikut adalah beberapa tips dan cara membersihkan makeup serta wajah yang bisa diikuti  

  • Pakai pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Pilihlah produk yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang keras. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan memudahkan proses pembersihan. 
  • Gunakan gerakan melingkar dan lembut saat membersihkan wajah untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup dengan lembut. 
  • Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk menggunakan toner dan pelembap untuk menjaga keseimbangan kelembapan kulit.

Berita Lainnya

Index