Rasidah Alfedri : Jadikan Ikan Menu Andalan Berkualitas

Rasidah Alfedri : Jadikan Ikan Menu Andalan Berkualitas

Metrotekini.com - Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Siak Rasidah Alfedri resmi membuka Lomba Masak Berbahan Serba Ikan Tingkat Kabupaten Siak 2024 di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Siak, Kamis (27/06/2024)

Rasidah Alfedri selaku ketua umum Forikan Kabupaten Siak menyampaikan Forikan Kabupaten Siak dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak bekerja sama untuk meningkatkan gemar memakan ikan di masyarakat dalam upaya terbentuknya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

"SDM yang berkualitas harus memiliki fisik yang kuat, kesehatan yang prima dan kecerdasan, upaya tersebut bisa kita raih dengan asupan gizi yang bagus salah satunya terdapat pada ikan," sebutnya.

Ia juga menyebutkan bahwa lomba ini merupakan salah satu motivasi, inovasi dan sarana berkreasi untuk menyalurkan ide-ide menu olahan ikan, sehingga menu tersebut bisa disosialisasikan ke masyarakat untuk meningkatkan daya tarik konsumsi ikan.

Melalui kegiatan ini ia juga berharap angka konsumsi ikan di Kabupaten Siak semakin meningkat dan dapat membantu penurunan angka stunting sehingga membantu melahirkan generasi cerdas di masa yang akan datang.

"Ibu-ibu TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Siak untuk dapat membantu menyampaikan dan membangun kesadaran masyarakat begitu pentingnya mengkonsumsi ikan," himbaunya.

Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Kaharudin juga mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti oleh TP-PKK dari 14 Kecamatan di Kabupaten Siak ini merupakan salah satu tekad Pemerintah Kabupaten Siak dalam meningkatkan angka konsumsi ikan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini sapat dijadikan wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak dan mengelola cita rasa ikan menjadi menu andalan," harapnya.

Lomba yang dibagi menjadi 3 kategori menu, yaitu menu kudapan, menu balita dan menu keluarga dengan hasil akhir TP-PKK Kecamatan Sungai Mandau keluar menjadi juara umum yang akan bertanding di Lomba Masak tingkat Provinsi pada tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini ketua I TP-PKK Kabupaten Siak Ananda Laila Putri, kepala bidang P2HKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Wiwik Puji Rahayu, kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Kaharudin SP, pimpinan OPD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Siak, perwakilan camat Siak dan camat Mempura. [Ibrahim]

Berita Lainnya

Index