Simak Begini Cara Mudah Mengetes Emas atau Bukan

Simak Begini Cara Mudah Mengetes Emas atau Bukan

Metroterkini.com - Cara mengetes emas atau bukan menarik diketahui. Anda bisa mengambil kertas atau keramik untuk menggoresnya. Jika tidak meninggalkan bekas, maka logam mulia tersebut terjamin keasliannya.

Anda juga bisa mengeceknya dengan sertifikat. Biasanya terdapat hologram pada sertifikat yang bisa Anda cek di bawah sinar matahari. Apabila sertifikat tersebut asli, maka akan memantulkan warna-warni dari hologramnya.

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (21/3/2024), IDX Channel telah merangkum cara mengetes emas atau bukan, sebagai berikut.

Cara Mengetes Emas atau Bukan

1. Dengan Menggigit Emas

Cara mengetahui emas asli secara manual adalah dengan menggigitnya. Mungkin cara ini cukup familiar, karena pernah melihat para atlet menggigit medali emasnya. Selain jadi tradisi, selebrasi tersebut jadi cara untuk membuktikan keaslian kandungannya pada medali tersebut.

Emas memiliki karakteristik yang unik. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin lunak. Nggak heran kalau yang asli akan meninggalkan bekas gigitan ketika kita gigit. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku untuk perhiasan. Perhiasan biasanya sudah dicampur dengan jenis logam lain sehingga saat digigit tidak akan meninggalkan bekas apa pun.

2. Dengan Alat Pengukur

Saat ini banyak toko emas yang sudah dilengkapi sebuah alat khusus yang dipergunakan untuk menentukan apakah emas tersebut asli atau palsu. Alat ini bisa mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan, alat ini mudah digunakan namun tidak bisa mendeteksi bagian dalamnya.

3. Dengan Menggosoknya

Anda juga bisa mengetahui emas asli atau palsu dengan cara menggosoknya. Jika setelah digosok, warnanya memudar dan jadi tidak merata, bisa dipastikan jika itu palsu.

4. Dengan Tes Asam

Cara mengetahui emas asli atau palsu selanjutnya menggunakan cairan bernama Nitric Acid. Jika akan melakukan pengukuran kadar sebuah emas dengan menggunakan asam nitrat, ada baiknya Anda didampingi seorang profesional. Karena jika tidak, maka dapat berisiko yang berujung kepada kerusakan emas dan merugikan diri sendiri.

5. Dengan Didekatkan ke Magnet

Emas merupakan logam yang sifatnya non magnetik, artinya tidak bisa ditarik oleh magnet. Akan tetapi, untuk Anda yang punya perhiasan, perlu diingat jika ada kandungan logam lain dalam perhiasan. Ini bisa jadi cara mengetahui emas asli atau imitasi paling mudah.

Itulah informasi terkait cara mengetes emas atau bukan yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel. **

Berita Lainnya

Index