Bandara Batam Buka Penerbangan Langsung Ke China Mulai 20 Januari

Bandara Batam Buka Penerbangan Langsung Ke China Mulai 20 Januari

Metroterkini.com - Bandara Hang Nadim Batam membuka rute penerbangan Internasional langsung dari Batam, Indonesia tujuan Kunming, China dan sebaliknya. Penerbangan perdana itu dibuka pada 20 Januari 2024.

"PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku operator Bandara Internasional Hang Nadim kembali menghadirkan rute baru penerbangan Internasional dari Batam dan ke Kunming, China," kata Direktur Utama BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, Selasa (16/1/2024).

Pikri menerangkan hadirnya rute baru penerbangan tersebut merupakan tindak lanjut dan komitmen BIB dalam program leaving legacy. Ia juga pembukaan rute itu untuk memperluas konektivitas regional dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia khususnya Batam Kepri.

"Rencana penerbangan Internasional tersebut adalah dari dan ke Kunming, China yang dilayani oleh maskapai Citilink Indonesia dan akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2024 mendatang," ujarnya.

Pikri menerangkan nantinya pada periode Januari-Maret penerbangan Batam ke China itu dijadwalkan satu kali seminggu. Selanjutnya periode April-Mei 2024 direncanakan dua kali seminggu..

"Pada periode Januari-Maret penerbangan tersebut dijadwalkan satu kali seminggu, periode April-Mei direncanakan dua kali seminggu, dan pada periode selanjutnya sampai dengan Januari 2025 direncanakan menjadi tiga kali seminggu," ujarnya.

Untuk penerbangan Batam China itu, Bandara Hang Nadim Batam juga mempersiapkan beberapa Operasional pendukung seperti meningkatkan fasilitas dan utilitas pendukung pada area boarding gate international, check in counter, immigration check, dan sebagainya.

"Tidak hanya itu optimalisasi pemeriksaan keamanan dan keselamatan penerbangan pada orang dan barang juga telah diterapkan untuk memastikan terciptanya penerbangan yang aman dan nyaman," ujarnya.

Dengan dibukanya penerbangan Batam tujuan China ini diharapkan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Batam dan Kepri. Meningkatnya pengunjung dan konektivitas ini juga berpengaruh pada permintaan berbagai layanan dan produk, sehingga berpotensi meningkatkan peluang usaha di kawasan tersebut.

"Meningkatnya pengunjung dan konektivitas ini juga berpengaruh pada permintaan berbagai layanan dan produk, sehingga berpotensi meningkatkan peluang usaha di kawasan tersebut. Selain itu aksesibilitas masyarakat Batam Dan sekitarnya ke berbagai destinasi Internasional juga dapat dilakukan dengan mudah dan efisien tanpa perlu terlalu banyak waktu untuk transit di negara lain terlebih dahulu," ujarnya. [**]

Berita Lainnya

Index