Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Tips Pilih Desainer Interior Rumah

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Tips Pilih Desainer Interior Rumah

Metroterkini.com - Menggunakan jasa desainer interior bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memperbaiki tampilan rumah atau yang sedang membuat rumah. Dengan memakai jasa desainer interior bisa membuat tampilan dalam rumahmu menjadi lebih estetik dan sesuai keinginan.

Sebagai informasi, desainer interior adalah profesional yang menyediakan jasa untuk membantu merancang ruangan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik hunian.

"Desainer interior adalah profesional desain yang menyediakan layanan untuk memperindah dan meningkatkan kualitas, kondisi, dan pemrograman lingkungan spasial dan dekoratif untuk membuat ruang dan hidup lebih baik," kata Desainer AD100 Leyden Lewis, dikutip dari Architectural Digest, Sabtu (25/11/2023).

"Ini bisa diterapkan untuk perumahan, komersial, perhotelan, kesehatan, dan seterusnya," tambahnya.

Nah, terkadang untuk memilih desainer interior masih cukup membingungkan. Supaya nggak bingung, kamu bisa mengikuti tips memilih jasa desainer interior berikut ini. Dikutip dari BTN Properti, berikut ini tipsnya

1. Lakukan Riset
Sebelum kamu mulai memilih jasa desain interior, luangkan waktu untuk melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya lihat review online, portofolio hingga minta rekomendasi dari teman dan keluarga. Hal ini tentunya akan membantu kamu untuk memilih dan menentukan desainer yang memiliki pengalaman dan gaya yang kamu cari.

2. Sampaikan Kebutuhanmu
Setelah menemukan beberapa desainer potensial, penting untuk menyampaikan dan memperjelas kebutuhan kamu. Semakin banyak informasi yang dapat kamu berikan kepada desainer, semakin baik mereka dapat memahami kebutuhan kamu dan membuat rencana yang memenuhi impian kamu.

3. Bertemu Langsung dengan Desainer
Setelah kamu menemukan beberapa desainer yang diminati, penting untuk bertemu langsung dengan mereka. Hal ini akan memberi kamu kesempatan untuk melihat karya mereka secara langsung dan merasakan kepribadian dan gaya mereka. Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengajukan pertanyaan dan memastikan bahwa mereka cocok.

4. Catat Hal Penting
Jika sudah memilih seorang desainer interior, catat hal-hal penting. Contohnya seperti ruang lingkup proyek, timeline, anggaran, dan ketentuan pembayaran. Hal ini akan membantu untuk menghindari kesalahpahaman atau ketidaksepakatan di tengah jalan.

5. Bicarakan dengan Baik Kebutuhanmu
Tidak semua yang kita inginkan ternyata cocok dan baik untuk rumah. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus menyerah pada desain impian kamu. Kamu bisa menerima saran yang diberikan desainer interior atau bernegosiasi dan membuat beberapa penyesuaian pada desain yang kamu inginkan.

Memilih seorang desainer interior dan bekerja dengan mereka dalam sebuah proyek bisa sangat menyenangkan. Bahkan bisa menjadi kesempatan untuk menciptakan ruang yang akan kamu sukai di tahun-tahun mendatang.

Jadi nikmati saja prosesnya, dan biarkan desainer interior membantu kamu menciptakan ruang impianmu. Jangan lupa untuk tetap terlibat dalam prosesnya dan berikan masukan, Jangan hanya menyerahkan semuanya kepada desainer kamu.**

Berita Lainnya

Index