Tren Minum Air Lemon Setiap Hari Supaya Sehat, Ini Kata Pakar

Tren Minum Air Lemon Setiap Hari Supaya Sehat, Ini Kata Pakar

Metroterkini.com - Minum air lemon dipercaya baik bagi kesehatan dan bisa bantu turunkan berat badan. Baru-baru ini, air lemon juga jadi tren kesehatan di media sosial, terutama TikTok.

Sejumlah influencer meyakini bahwa rutin minum air lemon setiap hari sangat berguna untuk diet hingga merawat kulit. Bagaimana faktanya?

"Minum air lemon saat ini digembar-gemborkan beberapa influencer media sosial. Banyak yang mengklaim bisa membantu penurunan berat badan, memperbaiki kulit, membantu pencernaan dan menyeimbangkan tingkat pH tubuh," kata April Wiles, seorang ahli diet berbasis di Carolina Utara, seperti dikutip dari New York Post.

Menurut April, beberapa klaim terkait air lemon memang berdasarkan penelitian. Namun ada pula yang hanya pernyataan dan pengalaman sendiri tanpa didukung bukti ilmiah. Sehingga sebelum mengonsumsinya diperlukan pemahaman yang bijak terlebih dahulu.

Pakar gizi Emily Tills membenarkan bahwa air lemon memang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C nya bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh, terutama untuk pencegahan flu dan batuk.

Lemon juga bisa menambahkan mikromineral dalam air putih sehingga baik untuk menghidrasi tubuh. Minum air putih baik untuk memenuhi kebutuhan akan cairan elektrolit ketika tubuh banyak berkeringat maupun mencegah dehidrasi saat udara dingin.

Meski begitu, kita tetap harus berhati-hati dalam meminum terlalu banyak air lemon. Emily menjelaskan, tingkat keasaman dalam air lemon dapat mengikis enamel gigi sehingga menyebabkan sensitivitas.

Meminum air lemon secara berlebihan dapat merusak gigi seiring berjalannya waktu, atau mengakibatkan kepekaan terhadap buah jeruk yang umum digunakan dalam berbagai resep masakan. Selain itu air lemon juga tidak disarankan bagi orang-orang yang mengalami asam lambung.

"Jika kamu memiliki masalah pencernaan seperti asam lambung, dapat memperburuk atau memperparah gejalanya," terang April.

Menurut April tidak apa-apa jika meminum segelas air lemon sekali atau dua kali sehari. Tapi usahakan mengomnsumsi secukupnya, jangan berlebihan, dan perhatikan juga kondisi sistem pencernaan. [**]
 

Berita Lainnya

Index