Sama Mewah dan Halus, Ternyata Ini 3 Perbedaan Kain Satin dan Sutra

Sama Mewah dan Halus, Ternyata Ini 3 Perbedaan Kain Satin dan Sutra

Metroterkini.com - Kain satin dan sutra sama-sama hadir sebagai material kain yang mewah dan sangat lembut. Apalagi, secara visual, kedua lain ini sering kali terlihat sangat serupa sehingga membuat bingung.

Padahal tahukah Anda, meski sama-sama mewah dan halus, kain sutra dan satin adalah dua kain yang relatif berbeda secara keseluruhan. Dilansir dari Times of India, Rabu (12/7/2023) simak paparan perbedaan di antara kain satin dan sutra di bawah ini.

1. Komposisi: Secara komposisi, kain sutra terbuat dari serat alami yang diproduksi oleh ulat sutra. Ini terutama terdiri dari protein yang disebut fibroin. Kain sutra dikenal karena uat, halus, dan berkilau.

Sementara satin, mengacu pada jenis tenunan kain daripada serat tertentu yang mana bisa dibuat dari berbagai bahan, termasuk sutra, poliester, nilon, rayon, atau campuran serat. Anyaman satin ditandai dengan permukaan yang mengkilap dan halus dengan kilau yang berkilau.

2. Cara merawat: Kain sutra yang begitu halus memang butuh perawatan khusus. Biasanya untuk mencuci pakaian yang terbuat dari kain sutra ini, paling ideal adalah dicuci manual pakai tangan atau harus dengan mode lembut jika masuk mesin cuci. Usai dicuci, pakaian dari sutra harus dikeringkan manual alami dengan udara.

Dianjurkan untuk menghindari bahan kimia keras dan sinar matahari langsung saat merawat kain sutra. Sedangkan satin lebih mudah perawatannya, terutama yang terbuat dari serat sintetis, umumnya lebih awet dan mudah dirawat. Bisa dicuci biasa dengan mesin dan dikeringkan tanpa cara khusus.

3. Tekstur dan tampilan: Sutra punya tekstur yang sangat lembut dan halus, belum lagi kain ini memang punyga kilau alami yang memberikan tampilan mewah. Kain sutra teksturnya selain indah juga terasa ringan dan nyaman di kulit.

Sedangkan satin memiliki permukaan mengkilap dan berkilau yang memantulkan cahaya, sehingga bisa memberikan tampilan yang halus dan elegan. Teksturnya halus dan licin dan terasa sejuk saat dipakai. [**]

 

Berita Lainnya

Index