Penyebab Rambut Rontok di Usia Remaja, Ini Salah Satu Penyebanya

Penyebab Rambut Rontok di Usia Remaja, Ini Salah Satu Penyebanya

Metroterkini.com - Penyebab terjadinya rambut rontok yang dialami banyak orang , bahkan pada sebagian orang terjadi sudah sejak pada remaja.

Kerontokan rambut di usia muda, seperti masa remaja merupakan masalah umum yang memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Meski dialami banyak remaja, tapi kondisi ini bukan kondisi permanen. Dengan perawatan yang tepat, kerontokan rambut bisa dikurangi atau bahkan distop sama sekali.

Dari sekian banyak penyebab kerontokan rambut pada remaja, apa saja penyebab yang paling umum? Berikut lima penyebab rambut rontok di usia remaja, diwarta dari Boldsky, Minggu (14/5/2023).

1. Hormon: Selama masa remaja, terjadi banyak perubahan hormonal yang dapat menyebabkan rambut rontok. Perubahan hormonal yang dialami di periode ini bisa membuat terjadinya ketidakseimbangan dalam tubuh dan juga memengaruhi siklus pertumbuhan rambut.

2. Stres: Ya, layaknya orang dewasa, anak remaja pun bisa stres karena tekanan belajar, sekolah, lingkungan sosial, hingga fisik. Stres ini juga menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada remaja loh! Sebab, stres memicu ketidakseimbangan dalam tubuh yang membuat rambut rontok.

3. Pola makan buruk: Pola makan sehari-hari yang tak sehat, dengan mengonsmsi makanan yang tidak sehat seperti makanan olahan junk foods, snack seperti keripik, permen yang tinggi kalori dan gula, akhirnya tubuh jadi kekurangan asupan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan agar rambut tumbuh sehat Tak heran, rambut pun rapuh dan gampang rontok.

4. Kondisi medis: Kondisi medis tertentu, seperti anemia, diabetes atau kelainan tiroid, bisa menyebabkan kerontokan rambut pada remaja. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga memang bisa bikin rambut rontok.

5. Genetik: Faktor genetik jadi salah satu faktor umum mengapa rambut sudah rontok di usia remaja. Remaja dengan riwayat keluarga yang mengalami kerontokan rambut, lebih berpeluang mengalami kerontokan rambut. [**]

Berita Lainnya

Index