4 Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Metroterkini.com - Beauties, pernahkah kamu mengalami bau mulut saat berpuasa? Tanda-tanda bau mulut ini ternyata bisa disebabkan karena kondisi medis yang menunjukkan kesehatan tubuh.

Beberapa jenis bau mulut bisa timbul dari masalah saluran pencernaan hingga proses metabolisme yang terjadi di tubuh kamu. 

Dilansir melalui Healthline, berikut penyebab bau mulut saat berpuasa. Yuk, cari tahu!

1. Penumpukan Bakteri

Mulut adalah anggota tubuh yang hangat dan basah sehingga kondisi tersebut bisa membuat bakteri lebih berkembang biak. Setidaknya ada lebih dari 500 jenis bakteri yang dapat ditemukan di mulut terutama pada bagian permukaan lidah dan celah gigi. Bakteri ini lah yang menyebabkan pelepasan senyawa menguap dan menghasilkan gas sehingga nafas menjadi bau.

2. Kondisi Mulut Kering

Air liur memiliki fungsi untuk membantu mengatur pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Jika kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup, makan mulut akan mengering. Kondisi ini disebut dengan xerostomia yang dapat menyebabkan penyakit gusi, gigi berlubang, dan masalah bau mulut.

3. Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang kamu konsumsi saat sahur juga bisa menyebabkan bau mulut selama puasa. Beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bau di antaranya seperti bawang bombay, bawang putih, dan rempah-rempah. Beberapa faktor seperti sisa makanan yang menempel di sela gigi dan gusi juga bisa mempengaruhi bau mulut.

4. Jarang Sikat Gigi

Meski sedang berpuasa, menggosok gigi wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi agar mulut tetap wangi. Jarang sikat gigi saat puasa bisa menyebabkan sisa makanan membekas menjadi plak yang menghasilkan bau pada mulut. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan agar menyikat gigi setidaknya setelah sahur dan sebelum tidur selama bulan Ramadan.

Itu dia 4 penyebab bau mulut yang bisa saja terjadi saat puasa. Menjaga kesehatan mulut tentunya sangat penting dilakukan agar kamu bisa melaksanakan puasa dengan nyaman selama Ramadan. ***

Berita Lainnya

Index