7 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan saat Puasa, Dijamin Berhasil

7 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan saat Puasa, Dijamin Berhasil

Metroterkini.com - Detikers yang tengah ingin menurunkan berat badan bisa memanfaatkan bulan suci Ramadan. Betapa tidak, saat bulan Ramadan umat Muslim akan berpuasa lebih dari 12 jam. Kondisi itu alhasil membantu mengatur pola makanan dan minum masuk ke tubuh.

Namun, perlu paham bahwa terdapat cara jitu menurunkan berat badan saat puasa di bulan Ramadan. Sebab seringkali ketika waktu berbuka dan sahur, makan dan minum terlalu banyak sehingga gizi yang masuk ke tubuh tidak seimbang.

Lantas bagaimanakah cara jitu menurunkan berat badan saat puasa yang benar? Berikut detikSumut sajikan daftarnya!

1. Kurangi Makanan Cepat Saji
Tak jarang saat berbuka dan sahur menyantap makanan cepat saji. Namun tahukah detikers bahwa makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh.

Sebab makanan cepat saji mengandung gula yang tinggi, garam, dan lemak yang banyak. Selain itu, makanan cepat saji rendah nutrisi tetapi tinggi kalori yang tinggi sehingga meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu, detikers yang menjalankan puasa tetapi ingin menurunkan berat badan bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji.

2. Olahraga
Meski terdengar berat, yang ingin menurunkan berat badan saat puasa tetap disarankan melakukan olahraga. Detikers bisa melakukan olahraga yang tidak terlalu berat.

Selain itu lama berolahraga juga perlu detikers kurangi untuk menghindari dari batalnya puasa.

3. Kurangi Asupan Kalori
Kalori memang momok yang menakutkan bagi yang tengah mengurangi berat badan. Detikers yang ingin menurunkan berat badan bisa mengurangi jumlah asupan kalori setiap harinya.

Caranya cukup terbilang mudah, hanya perlu mengatur asupan kalori yang masuk saat berbuka dan sahur.

4. Hindari Konsumsi Teh dan Kopi
Apakah detikers tahu bahwa di dalam kopi dan teh terdapat kafein. Kafein tersebut bersifat diuretik yang membuat tubuh cepat kehilangan air lebih melalui buang air kecil. Alhasil pastinya dehidrasi dan tidak aman untuk diet.

5. Kurangi Makanan Berminyak
Menjelang berbuka, pasti banyak pedagang yang menjual takjil. Dari sekian banyak penjual takjil pastinya terdapat makanan yang berminyak seperti gorengan.

Makanan berminyak mengandung banyak lemak jenuh sehingga mengakibatkan kenaikan berat badan dan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Bagi yang ingin menurunkan berat badan saat puasa bisa mulai mengurangi makanan berminyak.

6. Perbanyak minum air putih
Meski waktu minum saat puasa menjadi berkurang, jangan lupa untuk mencukupkan konsumsi air putih. Detikers wajib mendapatkan konsumsi air putih 2 liter per hari atau setara 8 gelas.

Caranya cukup mudah yakni melakukan pola 2-4-2. Pola tersebut diterapkan untuk 2 gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

7. Tidur yang cukup
Meski tetap harus sahur dan hal tersebut membuat pola tidur menjadi berbeda, pastikan kamu tetap mendapatkan tidur yang cukup.

Untuk yang hendak menurunkan berat badan saat puasa wajib mendapatkan waktu tidur 7-9 jam per hari. Semoga bermanfaat! **

Berita Lainnya

Index