5 Makanan Ini Bantu Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

5 Makanan Ini Bantu Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

Metroterkini.com - Selain faktor genetik atau dari dalam, faktor lingkungan juga berpengaruh dengan pertumbuhan rambut Anda. Beberapa faktor tersebut antara lain seperti usia, kebugaran, genetika, lingkungan dan lainnya.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah beberapa faktor seperti usia dan genetika, satu faktor yang mungkin bisa dikendalikan adalah diet.

Vitamin dan mineral dari makanan memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan pergantian sel. Mengkonsumsi makanan yang kurang nutrisi yang tepat dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Studi menunjukkan kekurangan vitamin B12 dan D, biotin, riboflavin, zat besi, dan nutrisi lainnya menyebabkan kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut.

Berikut ini adalah 5 makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut, dilansir dari Healthline, Selasa (21/2/2023).

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang bagus, dua nutrisi ini penting untuk pertumbuhan rambut. Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kurangnya protein dalam makanan telah terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

2. Berry

Buah berry sarat dengan senyawa dan vitamin yang dapat mendukung pertumbuhan rambut. Termasuk vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, serta vitamin A dan C, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut.

Studi menunjukkan vitamin A, penting untuk pertumbuhan rambut. Tetapi terlalu banyak vitamin A juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

4. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bagus. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dapat memengaruhi produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan rambut. Namun, terlalu banyak vitamin A juga dapat menyebabkan kerontokan rambu.

5. Alpukat

Alpukat lezat, bergizi, dan merupakan sumber lemak sehat. Alpukat juga sumber vitamin E yang sangat baik, yang dapat mendukung pertumbuhan rambut. Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu mencegah stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Beberapa penelitian menemukan kadar vitamin E yang lebih rendah pada orang yang mengalami kerontokan rambut, tetapi buktinya bertentangan. [**]

 

Berita Lainnya

Index