Jangan Coba Jika Belum Tahu, Inilah Resiko Suntik Putih

Jangan Coba Jika Belum Tahu, Inilah Resiko Suntik Putih

Metroterkini.com - Ada resiko bahaya suntik putih yang perlu disadari oleh masyarakat. Buat Anda yang merambisi memiliki kulit putih, informasi ini patut diketahui sebagai pertimbangan Anda sebelum melakukan suntik putih.

Tindakan memutihkan kulit dengan suntik putih melibatkan zat kimia tertentu yang dimasukkan ke dalam tubuh. Upaya semacam itu tentu memiliki efek samping yang bisa saja sangat berbahaya pada beberapa jenis orang.

Diterangkan Dokter Kecantikan dan Antiaging dr Cynthia Jayanto, M.Biomed (AAM), tidak semua orang bisa dan boleh menerima suntik putih.

 "Orang dengan riwayat maag kronis, punya GERD, pengidap autoimun, orang dengan riwayat gangguan batu ginjal, dan penderita diabetes tidak disarankan menerima suntik putih," ungkap dr Cynthia pada MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Itu kenapa, sambung dr Cynthia, penting bagi masyarakat yang mau suntik putih agar melakukan pemeriksaan medis dengan dokter. Dengan begitu, tindakan suntik putih tidak dilakukan sembarangan.

"Makanya, kami selalu menyarankan kepada masyarakat yang mau suntik putih agar berkonsultasi dulu ke dokter yang memang ahlinya, sehingga risiko-risiko yang tidak diinginkan bisa diminimalisir," sambungnya.

Menurut dr Zafar Ahmed, seorang Dermatolog berbasis di Karachi, Pakistan, setidaknya ada 11 masalah kesehatan yang mungkin terjadi pasca suntik putih. Dikutip dari laman Oladoc, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Berat badan bertambah

Sekitar 2 persen dari mereka yang menerima suntik putih berat badannya naik. Ini terjadi karena cairan injeksi memengaruhi keseimbangan hormonal dan area sensitif lemak.

2. Kehilangan pigmentasi rambut

Wajar terjadi ketika Anda menerima suntik putih dan rambut pun ikut memutih. Sayangnya, pada kasus ekstrem tak hanya membuat rambut putih, tapi rambut jadi rontok parah.

3. Reaksi alergi di kulit

Bahan kimia yang disuntikkan ke dalam kulit membuatnya lebih rentan terhadap mikroorganisme yang ada di kulit. Itu membuat hormon internal tidak seimbang, sehingga menyebabkan reaksi alergi yang terdiri dari kemerahan, bersisik, atau muncul benjolan kecil pada kasus tertentu.

4. Hilangnya sensitivitas

Gegara injeksi whitening, Anda mungkin mengalami mati rasa. Sensasi tersebut membuat Anda tidak bisa merasakan sentuhan, rasa sakit, atau dingin dalam beberapa waktu.

5. Pengelupasan kulit

Pada beberapa kejadian, suntik putih menyebabkan pengelupasan kulit yang membuat kulit terasa lebih bersisik. Tapi, ini bukan kondisi serius. [**]

Berita Lainnya

Index