Makan 5 Buah Ini Saat Sahur, Bantu Tubuh Tetap Fit 

Makan 5 Buah Ini Saat Sahur, Bantu Tubuh Tetap Fit 

Metroterkini.com - Sahur menjadi aktivitas penting sebelum memulai ibadah puasa Ramadhan. Karena itu, saat mengonsumsi menu sahur disarankan memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi. Sebab, jika asal mengonsumsi hidangan sahur, tubuh malah bisa menjadi lemas hingga membuat aktivitas seharian terganggu. Salah satu menu sahur sehat dan bergizi adalah buah-buahan. 

Mengonsumsi buah-buahan saat sahur baik dilakukan karena bahan makanan ini terbukti mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh.  

Nutrisi dan vitamin tersebut tak hanya berfungsi sebagai sumber tenaga, tapi juga dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat ketika menjalani puasa seharian. 

Melansir dari Kompas.com (4/5/2020), berikut ini beberapa pilihan buah yang baik dikonsumsi saat sahur: 

1. Kurma 
Kurma adalah buah yang banyak dikonsumsi selama bulan Ramadhan. Tak hanya saat sahur, kurma juga sering dikonsumsi saat buka puasa. Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi. 

Selain itu, buah ini juga memiliki banyak kandungan lain seperti vitamin B6, magnesium, protein, serat, karbohidrat, fruktosa, dan masih banyak lagi. Karbohidrat dan protein penting dikonsumsi untuk menghasilkan energi pada tubuh. 
Sedangkan serat dapat melancarkan saluran pencernaan dengan mencegah sembelit dan melancarkan gula darah. Kurma cocok dijadikan menu sahur, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan. 

2. Pisang 
Pisang sudah sejak lama dikenal sebagai makanan para atlet. Hal itu karena buah pisang mengandung gula yang bisa cepat masuk dalam aliran darah kalau dikonsumsi dan cepat menjadi sumber tenaga. 

Tak hanya itu, pisang juga merupakan sumber kalium yang sangat penting untuk semua fungsi sel dalam tubuh. Karena nutrisi ini, buah pisang bersama kandungan mineral lainnya dianggap berguna untuk fungsi otot dan saraf. 
Beberapa kandungan yang terdapat di dalam pisang di antaranya vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pectin yang dapat membantu mengeluarkan sisa toxin dari tubuh. 

3. Apel 
Apel adalah salah satu buah rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi ketika diet. Menurut MedicineNet, satu buah apel ukuran besar mengandung sekitar 116 kalori dan mengandung sekitar 5,4 gram serat.

Buah Apel memiliki kandungan pectin yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Mengingat zat gizi konsentrat ada di bawah kulit buah, maka dianjurkan makan apel tanpa dikupas atau dibuat jus tanpa dikupas. 

Selain itu, memakan apel segar juga membersihkan gigi dan baik untuk gusi. Jika makan apel segar, sebaiknya setelah dimakan atau terpaksanya dikupas, segera dihabiskan. Jika tidak, akan terjadi oksidasi yang akan memberi warna cokelat pada apel sehingga kurang menarik lagi untuk dikonsumsi. 

4. Jambu biji 
Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini terdapat di banyak buah, salah satunya adalah jambu biji merah. Buah yang satu ini kaya akan vitamin C. 

Dengan demikian, buah ini cocok dikonsumsi tak hanya saat buka puasa, tapi juga sahur untuk mempertahankan kesehatan selama berpuasa. 

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang baik untuk tubuh. 

5. Alpukat 
Alpukat termasuk buah yang kaya akan kandungan seratnya. Kandungan serat ini diketahui bermanfaat untuk memberikan efek kenyang yang lama, sehingga tubuh tidak mudah lapar saat berpuasa. 

Selain itu, serat juga berfungsi untuk merawat sistem pencernaan. Fungsi ini penting untuk menghindari risiko penyakit pencernaan seperti sembelit selama masa puasa. 

Kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki alpukat juga dapat membantu tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol. [**]

Berita Lainnya

Index