7 Cara Ini Memuat Perut Anda Bebas Buncit

7 Cara Ini Memuat Perut Anda Bebas Buncit

Metroterkini.com - Lemak perut tampaknya lemak yang paling susah dibasmi dibanding lemak di area tubuh lain. Tak hanya urusan penampilan, perut buncit ternyata menyimpan 'bom waktu.'

Dilansir dari Mayo Clinic, lemak perut terdapat di bawah kulit, juga mengelilingi organ yang disebut lemak visceral. Lemak visceral berkaitan dengan penyakit jantung, masalah pernapasan dan menaikkan peluang kematian dini.

Akan tetapi, 'pekerjaan rumah' Anda tidak hanya memperbaiki kebiasaan olahraga, konsumsi makanan sehat dan kecukupan istirahat, tetapi juga menghilangkan kebiasaan makan yang tanpa disadari bikin perut makin buncit.

1. Ngemil keripik

Siapa yang tahan akan godaan renyah dan gurih keripik? Keripik pun mudah ditemukan di pasaran dengan beragam rasa. Hanya sebungkus mungkin tidak membuat Anda merasa bersalah, tetapi lihat saja, perut bisa makin buncit karenanya.

Melansir dari Eat This, Not That!, sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine, partisipan mengalami kenaikan berat badan signifikan selama periode empat tahun konsumsi keripik kentang dalam jumlah banyak.

2. Konsumsi pangan tinggi gula tambahan

Stres memainkan peran dalam peningkatan lemak perut. Michelle Shapiro, ahli diet, menjelaskan saat kadar kortisol meningkat, orang cenderung menginginkan gula karena tubuh berada dalam keadaan darurat sehingga perlu pasokan energi instan.

"Kita stres, melepas kortisol, menambah bobot di perut dan menginginkan lebih banyak gula, makan lebih banyak gula dan menaikkan berat badan," kata Shapiro seperti dikutip dari Insider.

4. Makan terlalu cepat
Kebiasaan makan yang buruk tidak melulu berpusat pada apa yang Anda makan, tetapi pada cara Anda makan. Kecepatan makan ternyata turut mempengaruhi risiko kenaikan berat badan.

Sebuah riset yang diterbitkan di Journal of American Dietetic Association menemukan, mereka yang makan lebih lambat merasa lebih kenyang daripada mereka yang makan lebih cepat. Saat Anda makan lebih lambat, ternyata ini berpotensi membuat Anda makan lebih sedikit.

5. Kurang asupan protein
Selama ini pikiran tentang pola makan sehat adalah memperbanyak sayuran dan buah. Sebenarnya ini soal keseimbangan sehingga Anda perlu memperhatikan kecukupan nutrisi lain termasuk protein. Kekurangan protein bisa memicu perut makin buncit.

"Ketika Anda meningkatkan asupan protein, Anda dapat menyeimbangkan guladarahsambil mengurangi kadar insulin untuk meningkatkan tingkat metabolisme yang jauh lebih cepat," jelas Vince Sant, pelatih utama di V Shred.

Dia menambahkan protein juga membantu mengontrol hormon yang meningkatkan nafsu makan sehingga membantu Anda menurunkan berat badan secara alami.

6. Makan larut malam
Makan terlalu larut malam bukanlah ide baik, apalagi buat perut Anda. Anda akan memasok begitu banyak kalori ke tubuh bahkan lebih banyak dari biasanya sehingga perut makin buncit.

Dari riset yang diterbitkan di Obesity Society, makan malam lebih awal bisa membantu partisipan menghindari makan hingga keesokan pagi. Jika biasanya Anda makan malam di pukul 20.00 atau pukul 21.00, sebaiknya mencoba makan lebih awal di pukul 18.00 atau pukul 19.00.

7. Tidak pernah sarapan
Ada saja alasan orang enggan sarapan. Ada yang merasa mulas jika pagi-pagi menyantap makanan atau risiko rasa kantuk luar biasa karena perut kenyang. Namun tidak sarapan bisa berkontribusi pada kenaikan berat badan termasuk bikin perut jadi buncit.

Saat Anda melewatkan sarapan, kadar insulin berpotensi naik sehingga mengundang reaksi berantai, kemudian tubuh secara tidak sengaja menyimpan lebih banyak lemak. Dengan sarapan, Anda akan mencegah efek ini dan membantu membakar beberapa lemak perut berlebih. [**]

Berita Lainnya

Index