5 Kiat Pakai Serum Agar Beri Hasil Efektif ke Kulit

5 Kiat Pakai Serum Agar Beri Hasil Efektif ke Kulit

Metroterkini.com - Serum memiliki komposisi kandungan yang lebih kuat dibanding produk skincare lainnya. Mengutip Women’s Health, bahan aktif yang terkandung di dalamnya diciptakan agar dapat meresap lebih dalam dan bekerja lebih baik pada kulit.

Akan tetapi, segala keunggulan tersebut bisa saja menjadi tidak efektif apabila digunakan dengan kurang tepat. Sayang banget kan, kalau sudah membeli dengan harga mahal tapi ternyata hasilnya tak maksimal.

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan serum, ikuti 5 kiat berikut ini, yuk!

1. Bersihkan Wajah Sebelum Pemakaian Serum
Debu dan kotoran yang menempel di wajah, hanya akan membuat kulit tidak menerima nutrisi yang seharusnya. Hal ini dikarenakan bahan aktif yang diaplikasikan di kulit terhambat penyerapannya.

Oleh karena itu, pastikan agar wajah dalam keadaan bersih dengan cara mencuci wajah terlebih dahulu.

2. Gunakan dengan Urutan yang Tepat
Saat melakukan perawatan kulit, penting untuk mengaplikasikan produk dalam urutan yang tepat. Idealnya, produk dengan konsistensi paling cair digunakan terlebih dahulu, baru setelah itu dilanjutkan dengan produk dengan tekstur kental.

Melansir Well and Good, menurut Gina Mari seorang ahli perawatan kulit asal Los Angeles, setelah membersihkan kulit alangkah baiknya jika menggunakan toner terlebih dahulu. Penggunaan toner bertujuan agar kulit lebih siap untuk menerima bahan aktif selanjutnya. Setelah toner, barulah dilanjutkan dengan memakai serum.

3. Aplikasikan Serum dengan Cara Ditepuk Lembut
Serum akan bekerja dengan lebih maksimal apabila digunakan dengan cara ditepuk daripada hanya sekedar diusap saja. Tuangkan produk secukupnya di telapak tangan, lalu aplikasikan menggunakan jari dan tepuk-tepuk kulit secara lembut.

Cara ini akan membantu produk agar meresap dengan lebih baik ke kulit.

4. Jangan Lupa Memakai Pelembap

Menggunakan pelembap penting untuk mengunci bahan aktif yang sudah kamu pakai sebelumnya, sehingga bisa terserap dengan baik oleh kulit. Setelah selesai mengaplikasikan serum pada kulit wajah, sebaiknya tunggu 5-10 menit.

Barulah setelah itu aplikasikan pelembap sebagai tahap akhir dari rutinitas perawatan kulit.

5. Gunakan dengan Rutin dan Konsisten
Meski terdengar sepele, menggunakan suatu produk perawatan kulit secara rutin akan membuat hasilnya terlihat dengan maksimal. Tak sedikit orang yang kurang konsisten dalam memakai serum. Hal ini malah akan membuatnya bekerja dengan kurang efektif, sehingga perubahan pada kulit pun tak terlihat signifikan.

Jadi, itulah 5 kiat agar serum bekerja secara maksimal di kulit. Semoga bermanfaat ya!

Berita Lainnya

Index