Alergi Kulit Akibat Cuaca Dingin? Ini Cara Mencegahnya!

Alergi Kulit Akibat Cuaca Dingin? Ini Cara Mencegahnya!

Metroterkini.com - Indonesia diperkirakan akan mengalami musim penghujan hingga Februari 2022. Musim hujan sangat identik dengan cuaca dingin dan lembab yang berpengaruh terhadap kondisi kulit seseorang.

Sebuah penelitian menyebutkan, cuaca dingin menyebabkan kulit menjadi rentan terkena jerawat, jamur hingga alergi. Secara singkat, alergi adalah reaksi pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap alergen.

Penyebab alergi bermacam-macam namun yang paling umum atau banyak ditemukan adalah debu, bulu hewan, kacang-kacangan, gigitan serangga, obat-obatan, jenis protein tertentu seperti seafood, kain lateks, butiran serbuk sari dari tanaman, hingga suhu rendah.

Bentuk usaha tubuh manusia dalam mempertahankan diri terhadap alergen ini dengan memproduksi sinyal pro-inflamasi. Individu yang terkena alergi akan mengalami gejala yang berbeda-beda sebagai hasil dari sinyal pro-inflamasi. 

Gejala tersebut dapat seperti bersin berulang, batuk, pilek, mata gatal dan keluar air mata secara terus-menerus, hingga kulit merah dan bruntusan. 

Di beberapa gejala yang parah, efek alergi ini bisa berujung kepada sakit kepala, insomnia, lekas marah dan penurunan nafsu makan.

Umumnya, orang-orang yang memiliki alergi selalu mempersiapkan obat agar efek samping dari pertahanan diri terhadap alergen berakhir. 

Obat tersebut biasanya berasal dari jenis antihistamin. Namun tahukah kamu bahwa ada cara lebih sehat untuk mengatasi masalah alergi selain menggunakan obat?

Ya! Cara tersebut adalah dengan mengonsumsi teh rooibos. Teh rooibos adalah teh herbal yang kaya akan antioksidan dan bebas kafein. Teh ini dihasilkan dari tanaman Aspalathus linearis yang hanya mampu tumbuh secara alami di Afrika Selatan.

Di Afrika Selatan sendiri, teh rooibos merah telah lama digunakan sebagai bahan yang efektif untuk mengatasi berbagai macam alergi pada tubuh. Bahkan beberapa rumah sakit di Afrika Selatan secara rutin menggunakan rooibos di bak mandi mereka untuk mengobati anak-anak yang memiliki alergi kulit.

Teh herbal rooibos mengandung bioflavonoid alami seperti rutin dan quercetin yang menghalangi pelepasan histamin. Histamin dikenal sebagai faktor pemicu utama dalam reaksi alergi. Oleh karena itu, jika orang yang memiliki alergi mengonsumsi teh rooibos secara teratur dapat membantu metabolisme alergen dan meredakan gejala akibat alergen. 

Lalu, bagaimana cara yang efektif ketika ingin meredakan alergi dengan teh rooibos? Kamu cukup menyeduh secangkir teh rooibos dan langsung meminumnya. Apabila gejala alergi tidak kunjung menghilang, kamu bisa mengonsumsi teh rooibos lagi hingga 6 kali. 

Cara ini mungkin terdengar tidak praktis namun tentu lebih menyehatkan dan dapat dijadikan sebagai alternatif jika kamu ingin mengurangi asupan bahan kimia ke dalam tubuhmu. [**]
 

Berita Lainnya

Index