Tips Melindungi Sepatu Saat Musim Hujan

Tips Melindungi Sepatu Saat Musim Hujan

Metroterkini.com - Memasuki musim hujan, setiap orang akan lebih waspada pada urusan sepatu. Sepatu dengan bahan beludru atau kanvas, ada baiknya disimpan dulu untuk sementara waktu, karena rentan basah dan kotor akibat terciprat air hujan.

Tapi sebenarnya, ada tips yang bisa kamu lakukan untuk melindungi sepatu tetap aman saat dipakai di musim hujan. Melansir dari Foot Files, ini tips yang perlu kamu tahu.

1. Semprotkan waterproof spray
Saat kamu keluar rumah, jangan lupa untuk menyemprotkan waterproof spary ke permukaan sepatu untuk melindunginya dari air. Saat ini sudah banyak produk waterproof spray yang dijual di berbagai ecommerce.

Cara penggunaannya sangat praktis, cukup semprotkan ke permukaan sepatu yang kering dan bersih secara merata, tunggu 10 menit hingga kering, dan sepatumu pun siap menerjang hujan.

2. Gunakan minyak, waxes, atau semir pada sepatu
Tak hanya membuat kulit sepatumu jadi mengilap, penggunaan minyak, waxes, atau semir juga akan membentuk lapisan pelindung pada sepatu, yang menghalangi air untuk masuk ke dalam sepatumu.

3. Keringkan sepatu setelah terkena air
Cara mengeringkan sepatu yang basah terkena hujan juga harus kamu perhatikan. Cara mengeringkan yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada sepatu. Hindari mengeringkan sepatu di atas kompor atau di dekat sumber panas secara terbuka. Panas yang kuat bisa mengeringkan kelembaban yang ada di sepatu.

Kamu bisa menggantung sepatumu di gantungan baju dan masukkan gulungan koran atau kertas di dalamnya.

4. Perhatikan bahan sepatu yang sebaiknya tidak dipakai saat musim hujan
Meski waterproof spray dapat membuat sepatu jadi anti air, tapi perhatikan juga bahan sepatumu, ya. Sepatu berbahan dasar suede dapat rusak jika terus menerus disemprotkan waterproof spray.

Kotoran lumpur yang mengeras di permukaan sepatu juga dapat mempengaruhi tampilan sepatumu. Jadi sebaiknya simpan saja dulu sepatu berbahan dasar suede-mu, ya. [Maria Mery Cristin]

Berita Lainnya

Index