Inilah Sejumlah Khasiat Cengkih untuk Kesehatan 

Inilah Sejumlah Khasiat Cengkih untuk Kesehatan 

Metroterkini.com – Cengkih (Syzygium aromaticum) adalah rempah-rempah serbaguna yang biasa digunakan untuk membumbui daging atau menambah rasa pada minuman hangat. Cengkih dikenal sebagai rempah aromatik, tetapi juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. 

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa senyawa dalam cengkih mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan hati dan mengontrol kadar gula darah. 

Khasiat cengkih dilansir dari Healthline, untuk kesehatan: 

1. Antioksidan 
Cengkih mengandung beberapa vitamin dan mineral penting serta senyawa antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif. 
Terdapat antioksidan eugenol dalam cengkih yang telah terbukti bekerja sebagai antioksidan alami. Sebuah penelitian tabung menemukan bahwa eugenol mampu menghentikan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

2. Melindungi dari kanker 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkih dapat membantu melindungi terhadap kanker. 

Studi tabung menemukan, ekstrak cengkih membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan mendorong kematian sel dalam sel kanker. Namun, perlu diingat bahwa penelitian tabung reaksi ini menggunakan ekstrak cengkih, minyak cengkih, dan eugenol dalam jumlah yang sangat pekat. 

3. Membunuh bakteria 
Cengkih telah terbukti memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. 

Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa minyak esensial cengkih membunuh tiga jenis bakteri, termasuk E. coli, yang merupakan strain bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. 

4. Meningkatkan kesehatan hati 
Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam cengkih dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Senyawa eugenol mungkin sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. 

Sebuah studi terhadap hewan menunjukkan bahwa eugenol dalam cengkeh membantu membalikkan gejala sirosis hati atau jaringan parut hati. Sayangnya, penelitian tentang efek perlindungan terhadap hati dari cengkih pada manusia masih terbatas. 

5. Mengontrol gula darah 
Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkih dapat membantu menjaga gula agar tetap stabil. 

Sebuah penelitian terhadap hewan menemukan bahwa ekstrak cengkih membantu peningkatan gula darah secara moderat pada tikus. Dikombinasikan dengan pola makan seimbang, cengkih dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. [**]
 

Berita Lainnya

Index