Inilah 7 Manfaat dan Khasiat Pisang untuk Pria

Inilah 7 Manfaat dan Khasiat Pisang untuk Pria

Metroterkini.com - Pisang, buah yang mudah ditemukan di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia banyak digemari masyarakat untuk dikonsumsi. Entah digoreng, dikukus, atau sebagai cemilan, pisang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Ternyata, buah berbentuk lonjong berwarna kuning ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan pria. Mulai dari kesehatan jantung, meningkatkan kesuburan, ataupun untuk menumbuhkan rambut.

Buah pisang memiliki berbagai kandungan zat kimia. Berapa diantaranya adalah flavonoid, fenolat, amina biogenik, karotenoid, pitosterol, vitamin (seperti vitamin D, B6, B12) dan mineral, salah satunya kalium. Pisang juga mengandung serat makanan kolin dan folat, dikutip dari Boldsky.

Berikut manfaat buah pisang:

1. Bermanfaat Bagi Penderita Ejakulasi Dini
Menurut sebuah penelitian, pria dengan ejakulasi dini juga sering terkena peradangan kronis pada kelenjar prostatnya. Ejakulasi dini sendiri merupakan masalah seksual di mana pria melakukan ejakulasi terlalu cepat dan tak bisa memenuhi waktu ejakulasi sesuai keinginan pasangannya.

Kulit pisang mentah yang segar diklaim mampu menangani masalah ini. Kulit pisang memiliki aktivitas antioksidan kuat yang dikatakan mampu mengurangi masalah ejakulasi dini akibat peradangan.

2. Dapat Meningkatkan Mood
Sebuah studi menemukan bahwa buah pisang yang matang atau setengah matang mengandung sekitar 18,5 ng/g dan 31,4 ng/g serotonin. Serotonin sendiri berperan untuk meningkatkan mood seseorang.

Mengonsumsi pisang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak dan dapat mengurangi risiko penyakit mental pada pria. Serotonin juga mampu meningkatkan mood pria dalam melakukan aktivitas seksual.

3. Perawatan Rambut dan Kulit Kepala
Pisang menjadi salah satu bahan yang dikabarkan mampu mengobati penyakit pada rambut dan kulit kepala, seperti rontok dan ketombe. Tak hanya itu, pisang juga mampu mengobati hilangnya rambut yang biasanya terjadi pada pria.

4. Baik Untuk Disfungsi Ereksi
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akar dan daun Phytolacca dodecandra (umumnya dikenal sebagai gopo berry), bila dicampur dengan pisang matang dan dipanggang, dapat membantu mengobati disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan pria untuk memertahankan ereksinya dalam melakukan hubungan seksual.

Tak hanya itu, pisang dapat menolong peningkatan aliran darah ke alat kelamin yang mana dapat membantu mengobati kondisi ini.

5. Bermanfaat Untuk Jantung
Banyak penelitian mengatakan bahwa penyakit jantung koroner sangat umum terjadi pada pria dibandingkan wanita. Pisang sendiri mengandung kalium yang bermanfaat untuk menutrisi jantung. Kalium juga mampu menjaga fungsi jantung, aliran darah, kekuatan otot jantung dan fungsi saraf agar tetap stabil.

6. Membantu Menangani Diabetes
Kabarnya, pria lebih rentan terkena diabetes dibandingkan wanita. Maka dari itu, mengonsumsi pisang juga merupakan salah satu cara bagi pria untuk menurunkan risiko diabetes.

Namun, kematangan pisang sangat berpengaruh dalam menangani diabetes. Baiknya, pria disarankan untuk mengonsumsi pisang yang mentah atau hampir matang.

7. Mencegah Masalah Ginjal
Pisang adalah buah yang kaya akan magnesium, potasium, dan vitamin B6. Zat ini merupakan zat penting yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Mengonsumsi pisang dapat membantu pria menjaga fungsi ginjal dan mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. [**]
 

Berita Lainnya

Index