Diet Plant-based, Benarkah Bisa Tingkatkan Imunitas?

Diet Plant-based, Benarkah Bisa Tingkatkan Imunitas?

Metroterkini.com- Selama pandemi Covid-19, beberapa orang memilih untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat. Salah satu pola makan yang paling populer adalah diet plant-based. 

Diet plant-based merupakan pola makan sehat dengan jumlah konsumsi protein nabati yang lebih banyak dibandingkan dengan protein hewani. 

Selain ramah lingkungan, diet plant-based juga sering dianggap sebagai pola makan sehat yang dapat meningkatkan imunitas. 

Benarkah seperti itu? Simak lima manfaat diet plant-based berikut ini. 

1. Meningkatkan imunitas 

Menurut Certified Sports Nutritionist, dr Dion Haryadi, porsi makan harian disarankan lebih banyak berasal dari nabati. 

"Selain karena akan lebih mudah menjaga asupan kalori harian kita, sumber nabati juga memiliki banyak kandungan mikronutrien yang kita perlukan untuk kesehatan tubuh," kata Dion dalam pernyataan yang disampaikan oleh Tim IKEA pada Jumat (27/8/2021). 

Mengutip Healthline, mikronutrien merupakan kelompok nutrisi yang termasuk vitamin dan mineral. Vitamin berfungsi untuk produksi energi dan kekebalan tubuh, sedangkan mineral berperan penting dalam pertumbuhan, kesehatan tulang, keseimbangan cairan dan beberapa proses lainnya. 

"Bukan berarti makanan non-plant-based itu tidak sehat. Tetap diperlukan dan memiliki keunggulannya sendiri. Tapi mungkin sebaiknya tidak dijadikan porsi utamanya dan dikonsumsi sesuai kebutuhannya saja," tutur Dion.  

2. Menurunkan berat badan 

Melansir Eating Well, orang yang mengikuti diet plant-based cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi daging atau protein hewani. 

Selain itu, orang yang sengaja menerapkan pola makan plant-based untuk menurunkan berat badan, bukan hanya akan berhasil menurunkan berat badan tetapi juga mempertahankan bobot setelahnya.

3. Membuat jantung lebih sehat 

Mengonsumsi lebih banyak protein nabati dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah serta kolesterol. 

Menerapakan diet plant-based juga dapat membantu mengatasi peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

4. Risiko terkena diabetes lebih rendah 
Mengonsumsi protein nabati dapat meningkatkan sensivitas insulin yang lebih tinggi sehingga mampu menjaga kadar gula darah yang sehat. 

5. Mengurangi risiko kanker 
Makan banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian atau semua produk plant-based sering dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah. 

Selain itu, zat gizi atau nutrien fitokimia yang merupakan pelawan penyakit pada tanaman juga telah terbukti mencegah dan menggagalkan kanker.  [**]
 

Berita Lainnya

Index