Santap Kentang Setiap Hari, Bisa Turunkan Berat Badan

Kamis, 15 Juli 2021 - 23:47:29 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Kentang dikenal sebagai bahan makanan dengan reputasi yang buruk karena mengandung karbohidrat tinggi. Tetapi, ahli diet terdaftar, Kate Coufal, MS, RDN, LDN mengungkapkan, dengan mengonsumsi kentang setiap hari justru dapat membantu menurunkan berat badan. 

"Saya telah membuktikannya dengan makan kentang setiap hari selama tiga bulan, mampu menurunkan berat badan saya sekitar 4,5 kilogram," kata dia. 
"Selain itu, makan kentang juga membantu saya mempertahankan berat badan," sambung dia. 

Coufal menjelaskan, tidak semua karbohidrat buruk. Jenis karbohidrat kompleks dan utuh berperan penting dalam penurunan berat badan, jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana dan olahan. 

Karbohidrat kompleks seperti kentang dan biji-bijian sebenarnya rendah kalori, serta memiliki serat yang tinggi. Dengan demikian, kandungan semacam itu dapat membantu kita makan lebih sedikit kalori dan merasa lebih kenyang. Sedangkan, karbohidrat sederhana dan olahan seperti kue kering, kraker, dan sereal merupakan makanan yang telah diproses dan menjadi lebih padat kalori tanpa serat. 

Jadi ketika memakannya, kita mengonsumsi banyak kalori tanpa merasa puas yang menyebabkan kita makan lebih banyak dan menambah berat badan. Kendati demikian, karbohidrat yang dikonsumsi secara berlebihan tetap saja dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama karbohidrat olahan. 

"Karbohidrat olahan berat seperti roti, makanan yang dipanggang, pasta, dan biskuit dapat meningkatkan pelepasan dopamin yang didapat otak saat dikonsumsi," ujar dia. 

"Artinya, kemungkinan konsumsi berlebihan dan penambahan berat badan lebih tinggi jika kita makan karbohidrat olahan secara berlebihan," lanjut 
Apalagi, karbohidrat olahan sering kali memiliki tambahan gula dan minyak, yang meningkatkan kalori dan keinginan kita untuk mengonsumsinya. Kentang baik untuk turunkan berat badan. Setengah kilogram kentang memiliki 400 kalori yang dapat menjaga asupan kalori tetap rendah untuk membantu menurunkan berat badan tanpa merasa lapar. 

Hal itu disebabkan karena,-menurut Satiety Index of Common Foods, kentang yang direbus dianggap sebagai makanan lebih mengenyangkan daripada roti. Efek kenyangnya pun berasal dari volume makanan, air yang tinggi, serat yang tinggi, dan kandungan protein yang tinggi. Sebagian besar serat ditemukan pada kulit kentang, yang dapat membantu memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar. 

"Kentang juga mengandung senyawa yang disebut proteinase inhibitor II, yang berdampak pada sekresi hormon, sehingga mengurangi rasa lapar, dan memperlambat pencernaan," kata Coufal. 

Ada pun kombinasi serat dan protein ini bermanfaat dalam membantu meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan berat badan. Semua kentang rendah kalori Semua kentang rendah kalori dan membuat bahan ini ramah penurunan berat badan. "Meskipun ada sedikit perbedaan dalam jumlah serat, gula alami dan jumlah mikronutrien, perbedaan ini tidak cukup signifikan untuk memengaruhi penurunan berat badan," ujar Coufal. 

Menurut dia, kentang putih sedikit lebih rendah kalori tetapi tinggi serat. Kentang merah juga rendah kalori, memiliki sedikit serat, tetapi mengandung fitokimia dalam jumlah tinggi. Kita bebas memilih jenis kentang apa pun yang paling disukai, tetapi pastikan untuk memakan kulitnya juga yang menjadi tempat sebagian besar serat dan zat gizi mikro. 

Cara terbaik mengolah kentang Salah satu alasan mengapa kentang terkait dengan penambahan berat badan adalah karena cara mengolahnya yang tidak tepat. 

"Menggunakan minyak untuk menggoreng atau memanggang kentang sama saja dengan menambahkan lemak dan kalori yang tidak bermanfaat untuk menurunkan berat badan," ungkap Coufal. 

Jika kita ingin membuat keripik kentang yang sehat, cobalah menggorengnya dengan air fryer untuk menghilangkan lemak dan kalori tambahan. Tetapi, Coufal mengatakan, apabila penurunan berat badan adalah tujuan utama, maka metode terbaik adalah merebus atau mengukus kentang. Metode ini membantu mempertahankan kandungan air, dan membuat kentang lebih mengenyangkan daripada memanggang atau menggoreng yang membuat lebih sarat kalori. 

"Merebus atau mengukus kentang juga perlu diikuti dengan pendinginan, agar menghasilkan pati resisten tingkat tinggi." 

"Pati ini diketahui dapat mengatur metabolisme, meningkatkan rasa kenyang, serta mencegah makan berlebihan," imbuh Coufal. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT