Ratusan Massa Rizieq Shihab Diciduk di PN Jaktim

Ratusan Massa Rizieq Shihab Diciduk di PN Jaktim

Metroterkini.com - Pengacara mantan pentolan FPI Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan pihaknya telah menyiapkan tim untuk mendampingi massa yang diamankan polisi saat hendak menghadiri sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, hari ini, Kamis (24/6).

"Tim kita sudah saya minta tolong dampingi. Mudah-mudahan 1x24 jam ada kabar dan bisa dipulangkan ke tempat masing-masing," kata Aziz di PN Jaktim.

Baca juga: Polisi Tangkap 26 Anak Saat Sidang Vonis Rizieq Shihab
Aziz mengklaim sebelum sidang, tidak ada seruan dari pihak Rizieq untuk datang ke sidang tersebut.

"Mungkin itu aksi spontan. Saya kaget juga tadi ramai," ujarnya.

Sebelumnya, ratusan simpatisan Rizieq diamankan aparat di sekitar PN Jakarta Timur.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan mengatakan sejak Rabu (23/6) malam hingga pagi ini, 152 simpatisan diamankan di Polres Metro Jakarta Timur, 100 lebih simpatisan di Polda, dan 21 simpatisan diamankan di Polsek Cakung.

"Banyak yang di bawah umur, anak-anak, yang di polda juga kita amankan. Sebagian besar itu kita mintai keterangan, tapi ada satu itu yang menonjol itu yang membawa sajam dan ketapel," ujar Erwin.

Di sisi lain, juga sempat terjadi bentrok antara massa dan aparat di Jalan I Gusti Ngurah Rai, tidak jauh dari PN Jaktim. Simpatisan sempat berupaya menerobos barikade yang dibuat oleh polisi.

Mereka juga melempari aparat dengan botol air mineral. Setelah dipukul mundur polisi, mereka melarikan diri ke perkampungan dan jalan kereta api. Kemudian, massa mulai melempari polisi dengan batu. [**]

Berita Lainnya

Index