7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Paru-paru

7 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Paru-paru

Metroterkini.com – Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, mulai dari gaya hidup hingga lingkungan sekitar. Beberapa faktor di antaranya adalah racun lingkungan, asap rokok, dan makanan yang menyebabkan peradangan. 

Kabar baiknya, kesehatan paru-paru dapat dijaga dengan mengubah gaya hidup, termasuk mengadopsi pola makan sehat dan seimbang. Ada pula jenis makanan yang nutrisinya telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. 

Dilansir dari Healthline, 24 Juni 2020, berikut adalah 7 makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru. Ini Penjelasannya 

1. Bit 
Bit kaya akan nitrat yang telah terbukti bermanfaat untuk paru-paru. Nitrat dapat mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan memaksimalkan pengambilan oksigen. Bit juga telah terbukti mampu meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru pada orang dengan masalah paru-paru. 

2. Paprika 
Paprika mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Faktanya, vitamin C mampu melindungi tubuh dari efek negatif asap rokok. Banyak penelitian yang mengatakan, perokok sebaiknya mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang lebih tinggi agar memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik. 

3. Apel 
Penelitian telah menunjukkan, mengonsumsi buah apel secara teratur mampu meningkatkan fungsi paru-paru. Mengonsumsi lima buah apel atau lebih setiap minggu juga dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik sekaligus penurunan risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

Manfaat apel untuk kesehatan paru-paru ini mungkin berasal dari kandungan antioksidan dalam apel, yakni flavonoid dan vitamin C. 

4. Labu 
Labu yang kaya akan karotenoid, termasuk beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin mampu membantu meningkatkaan kesehatan paru-paru. Penelitian membuktikan, kadar karotenoid yang tinggi dalam darah mampu meningkatkan fungsi paru-paru. 

5. Tomat 
Tomat adalah sumber likopen yang sangat baik. Likopen merupakan antioksidan karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat telah terbukti mampu mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma. 

6. Blueberry 
Blueberry kaya akan nutrisi penting dan konsumsinya dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga kesehatan paru-paru. Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi 2 porsi atau lebih blueberry setiap minggu mampu memperlambat penurunan fungsi paru-paru hingga 38 persen. 

7. Kol ungu 
Kol ungu adalah sumber anthocyanin yang baik. Asupan anthocyanin yang cukup telah dikaitkan dengan menjaga fungsi paru-paru. Terlebih lagi, kol mengandung lebih banyak serat yang juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. [**]
 

Berita Lainnya

Index