Inilah 4 Penyebab Bau Mulut yang Sering Dialami

Rabu, 09 Juni 2021 - 21:36:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Bau mulut tak sedap bisa menjadi faktor seseorang kehilangan percaya diri dan insecure. Tak hanya itu, bau mulut bisa menjadi penyebab kandasnya cinta seseorang.

Bau mulut tak sedap disebabkan beberapa hal. Namun, dilansir dari liputan6, hampir 80% penyebab bau mulut disebabkan oleh kesehatan gigi dan mulut. Namun, ada beberapa penyebab lainnya. Berikut penjelasannya.

Mulut kering

Perlu disadari, jarang minum air putih bisa menyebabkan mulut bau tak sedap. Pasalnya, mulut akan kering dan menyebabkan kurangnya produksi saliva. Jika kering, bakteri dan kuman akan mudah bersarang di dalam mulut. Hal itu bisa menyebabkan mulut bau tak sedap.

Makanan

Sisa makanan yang tertinggal di gigi bisa menyebabkan aroma bau tak sedap pada mulut. Belum lagi jika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki efek bau pada mulut.

Pengaruh obat - obatan

Bagi yang sedang menjalani pengobatan bisa saja mulut mengeluarkan bau yang tak sedap. Soalnya, senyawa kimia yang terkandung dalam obat bisa menempel pada mulut dan menyebabkan bau.

Merokok

Penyebab bau mulut lainnya adalah merokok. Ingat, merokok mampu menurunkan produksi air liur pada mulut dan menjadikan kering. Semakin kering mulut, semakin menumbuhkan bakteri pada mulut dan mengeluarkan bau tak sedap.

Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin menyikat gigi dengan pasta gigi. Agar maksimal, kamu bisa menggunakan obat kumur agar mulut mengeluarkan nafas yang lebih segar.

Pilihlah obat kumur yang memiliki manfaat melawan kuman penyebab bau mulut. Selain itu, pilih yang memiliki varian rasa, agar mulut mengeluarkan bau yang sedap. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT