Manfaat Minyak Wijen untuk Rambut, Termasuk Basmi Kutu

Manfaat Minyak Wijen untuk Rambut, Termasuk Basmi Kutu

Metroterkini.com - Tinggal di kota besar dengan segala polusinya, membuat masalah kesehatan rambut menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian. Sebut saja mulai dari rambut rontok, ketombe, hingga uban dini. Meski ada banyak pilihan perawatan rambut yang ditawarkan, cara alami tetaplah yang terbaik. Salah satunya dengan memanfaatkan minyak wijen.

Minyak wijen berasal dari biji wijen dan merupakan salah satu minyak tertua yang digunakan oleh umat manusia. Diperkaya dengan antioksidan, asam lemak omega, dan vitamin, dan mineral seperti magnesium dan kalsium, minyak wijen dapat digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Dilansir melalui Healthshots, berikut 7 manfaat minyak wijen untuk kesehatan rambut Anda.

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Minyak wijen kaya akan asam lemak tak jenuh ganda seperti omega-3 dan omega-6. Kekurangan asam lemak sering menyebabkan kerontokan rambut. Memijat kulit kepala dengan minyak wijen dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat menstimulasi rambut Anda tumbuh lagi dalam waktu singkat.

2. Membasmi ketombe
Jika Anda mengalami ketombe dan kulit kepala gatal, minyak wijen bisa dimanfaatkan sebagai tonik antibakteri, yang mencegah infeksi jamur dan bakteri. Dijamin, ketombe akan hilang seiring dengan penggunaan yang teratur.

3. Mencegah kekeringan pada batang rambut dan kulit kepala
Kadang-kadang, ketombe juga dapat disebabkan karena kekeringan yang parah pada kulit kepala. Nah, minyak wijen dapat mengatasinya. Minyak wijen dapat menembus ke dalam folikel rambut dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh panas sinar matahari, yang menyebabkan ujung rambut bercabang dan rapuh.

4. Mencegah uban dini
Minyak wijen memiliki sifat menggelapkan rambut, yang dapat menghambat rambut beruban prematur. Pastikan Anda menggunakan minyak wijen secara teratur untuk mempertahankan warna alami rambut Anda.

5. Mencegah kutu rambut
Nutrisi pada minyak wijen dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan dapat membasmi kutu rambut dengan menjaga kulit kepala tetap lembap.

6. Melindungi dari sinar UV yang berbahaya
Paparan sinar UV matahari dapat merusak kulit kepala dan rambut, tetapi minyak wijen telah terbukti memberikan perlindungan pada kulit kepala dan rambut. Ini menciptakan penghalang yang secara alami memblokir potensi kerusakan rambut yang dapat terjadi selama paparan sinar matahari yang lama.

7. Pendingin kulit kepala
Minyak wijen memiliki sifat menenangkan. Panas dapat menyedot kelembapan dari rambut dan merusak folikel rambut. Dan minyak wijen dapat membantu mempertahankan kelembapannya. [**]

Berita Lainnya

Index