Nonton Film 1,5 Jam Bisa Bakar Kalori Setara Jogging 30 Menit

Ahad, 16 Mei 2021 - 00:41:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Nonton film selama 1,5 jam bisa bantu jaga tubuh tetap fit? Bisa saja, tapi tergantung dari genre film yang kamu tonton.

Predator Nutrition, perusahaan produsen vitamin dan suplemen mengungkapkan sebuah studi, yang menunjukkan bahwa aktivitas santai seperti nonton film bisa bakar kalori dalam tubuh. Namun jenis tontonan sangat berperan dalam hal ini.

Umumnya tubuh manusia hanya membakar 30 kalori per jam saat nonton TV atau film. Jumlah itu bahkan lebih sedikit dibandingkan ketika kamu tidur.

Nah, tontonan tertentu bisa membantu bakar kalori lebih banyak dari itu. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan University of Westminster, menonton film horror selama 90 menit atau 1,5 jam akan membakar sekitar 150 kalori. Jumlah itu setara dengan ketika seseorang jogging selama 30 menit. Wow!

Lebih menariknya lagi, semakin seram atau menimbulkan ketegangan, maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar. Dengan kata lain film horror paling menakutkan akan memicu pembakaran kalori lebih banyak.

Dalam studi tersebut, peneliti meminta responden menonton film horror, sambil mengukur detak jantung, asupan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida. Komponen-komponen itu diukur sebelum, saat dan setelah menonton film horror.

Dari hasil studi ditemukan bahwa jumlah kalori yang terbakar meningkat sedikitnya sepertiga ketika responden menonton film-film horror legendaris seperti 'The Shining', 'Jaws' dan 'Paranormal Activity'.

"Setiap 10 film yang ditonton menunjukkan adanya peningkatan denyut nadi, memicu peningkatan detak jantung," kata penulis penelitian Richard Mackenzie, sepeti dikutip dari Men's Journal.

Apa saja film horror terbaik yang paling banyak membakar kalori saat ditonton? Ini daftarnya:

1. The Shining: 184 kalori
2. Jaws: 161 kalori
3. The Exorcist: 158 kalori
4. Alien: 152 kalori
5. Saw: 133 kalori
6. A Nightmare on Elm Street: 118 kalori
7. Paranormal Activity: 111 kalori
8. The Blair Witch Project: 105 kalori
9. The Texas Chain Saw Massacre: 107 kalori
10. [Rec]: 101 kalori


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT