Ini 5 Cara Mudah Merawat Mobil Selama Ramadhan 

Senin, 03 Mei 2021 - 17:21:19 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com – Memasuki bulan Ramadhan, beberapa persiapan biasanya dilakukan banyak orang, mulai dari melakukan checkup kesehatan, menjaga pola makan dan istirahat, sampai mengatur jadwal olahraga. Selain menjaga tubuh agar tetap sehat, tak sedikit orang juga turut mengecek kesehatan mobilnya agar tetap prima selama Ramadhan. 

Pasalnya, pada Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, sebagian besar orang lebih banyak beraktivitas di rumah. Apabila jarang dipakai dan dibiarkan tidak terawat, mobil juga rentan mengalami kerusakan. Lagi pula, merawat mobil di rumah ternyata gampang. 

Oleh sebab itu, waktu di rumah selama Ramadhan sebaiknya dimanfaatkan pemilik mobil untuk merawat kendaraannya secara mandiri. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

1. Rutin memanaskan mesin 

Salah satu cara paling mudah merawat mobil secara mandiri adalah dengan rutin memanaskan mesin. Hal ini dilakukan agar pelumas bersirkulasi dan menjangkau sudut-sudut sempit ruang mesin secara sempurna. 

Selain itu, memanaskan mesin juga berfungsi untuk mengembalikan kapasitas aki yang kian berkurang saat mobil tak terpakai. Untuk durasi, sebaiknya nyalakan mesin sekitar 10-15 menit saja. 

2. Selalu cek ruang pembakaran 

Salah satu komponen yang bisa dicek pada ruang pembakaran adalah busi. Selain berfungsi sebagai komponen yang memercikkan api untuk pembakaran, busi juga menentukan kualitas pembakaran. 

Secara umum, pembakaran mesin akan sempurna bila kepala busi menunjukkan warna coklat sedikit kemerahan. Bila kepala busi memiliki warna hitam pekat, kemungkinan besar terdapat kendala pada ruang bakar. 

3. Rajin mencuci mobil 

Kegiatan mencuci mobil bisa dilakukan sewaktu senggang. Selain dapat membuat mobil bersih, mencuci mobil juga bisa menjaga kualitas eksterior. Diberitakan Kompas.com, Jumat (31/7/2020), saat mencuci mobil, sebaiknya perhatikan titik yang paling kotor terlebih dahulu, yakni bagian kaki-kaki seperti pelek dan kolong fender. 

Setelah bagian kaki-kaki sudah bersih, Anda bisa mencuci bodi mobil dengan wadah dan busa yang baru. Prosesnya bisa dimulai dari bagian atap mobil terlebih dahulu. Kemudian, cuci di sekeliling kaca dan terakhir bagian bodi tengah sampai bawah. 

4. Periksa air radiator 

Air atau cairan radiator menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksanya secara berkala. Untuk memeriksa air radiator, Anda bisa lebih dulu mengecek ketinggian air radiator di tangki cadangan (reservoir). Sebab, jika tangki kekurangan air, mesin bisa mengalami overheat saat digunakan. Kemudian, tambahkan air sesuai dengan batas yang ditentukan. 

5. Menggunakan oli berkualitas 

Salah satu komponen yang wajib diperhatikan saat merawat mobil adalah oli. Pasalnya, oli berperan penting dalam melindungi gesekan antarperangkat mesin sehingga tidak membuat mesin cepat aus. 

Selain itu, oli juga membantu menahan panas saat gesekan itu terjadi dan menghindari mesin dari masalah overheat. Dalam memilih oli, sebaiknya gunakan pelumas berkualitas. Anda juga wajib memahami karakter mesin mobil agar bisa menentukan jenis oli yang sesuai. 

Dengan penggunaan oli berkualitas dan perawatan optimal, Anda jadi tak perlu khawatir mesin cepat rusak. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan tambahan di bengkel. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT