Minum Teh Hijau Tiap Hari Baik untuk Diet

Jumat, 30 April 2021 - 23:39:59 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ada banyak jenis teh yang terkenal mulai dari teh putih, teh hitam, teh herbal sampai teh hijau. Dari banyak varian teh tersebut, teh hijau memiliki manfaat lebih dalam menurunkan berat badan. Terdapat beberapa jenis teh hijau untuk diet yang bagus diminum setiap hari.
Tak hanya baik untuk diet, minuman populer ini memiliki aroma dan kandungan yang bisa menenangkan pikiran.

Berikut 3 teh hijau untuk diet yang bagus dikonsumsi tiap hari.

1. Teh Hijau Sencha
Sencha merupakan jenis teh hijau Jepang yang tidak melalui proses penggilingan. Teh hijau sencha merupakan teh hijau yang paling populer dan umum disajikan.

Antioksidan dalam teh sencha dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner. Sedangkan polifenol berguna sebagai penghalang penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh.

Dikutip dari Delish Knowledge, penelitian menunjukkan bahwa teh sencha bekerja efektif dalam mengontrol kadar gula darah dan membantu mencegah kanker.

Konsumsi teh sencha juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan serta mengurangi pengeroposan tulang pada lansia karena memiliki efek protektif untuk kepadatan tulang.

2. Teh hijau matcha
Matcha adalah teh hijau bubuk dari tanaman Camellia sinensis. Dilansir dari Healthline, hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi matcha bisa membantu menurunkan berat badan.

Penelitian pada 60 orang yang obesitas dan rutin minum teh hijau selama 12 minggu, menunjukkan terdapat penurunan berat badan sekitar 3,3 kg.

Tiap satu cangkir teh hijau matcha (150 ml) mampu membantu membakar sekitar 25 kalori. Sedangkan machat berukuran 250 ml dapat meluruhkan lemak hingga 40 kalori.

Dengan minum secangkir matcha, hormon leptin dalam tubuh lebih terkontrol sehingga nafsu makan terkendali. Antioksidan pada matcha juga berperan membatasi lemak yang diserap tubuh.

3. Teh Hijau Genmaicha
Teh hijau untuk diet yang bagus berikutnya adalah jenis genmaicha. Geimaicha merupakan perpaduan antara teh hijau dan beras merah.

Di Jepang, kebanyakan orang mengonsumsinya dengan menambahkan matcha untuk menghasilkan warna hijau lebih pekat.

Khasiat genmaicha adalah untuk detoksifikasi. Kandungan antioksidan dalam genmaicha mampu membersihkan racun dalam tubuh.

Kandungan vitamin E dalam genmaicha juga dapat dapat mengencangkan dan menghambat penuaan pada kulit.

Cara mengolah teh hijau untuk diet
Agar mendapatkan manfaat teh hijau untuk diet, teh hijau perlu diolah dengan tepat. Berikut cara mengolah teh hijau.

1. Pilih jenis teh hijau murni

Untuk memaksimalkan penurunan berat badan, pastikan memilih jenis teh hijau murni dan berkualitas baik tanpa campuran bahan-bahan lainnya.

2. Tanpa pemanis buatan

Selain itu, mengonsumsi teh hijau untuk diet lebih baik tidak diberi campuran pemanis tambahan yang dapat menghilangkan nutrisinya.Tambahan pemanis juga dapat meningkatkan kalori sehingga berpeluang meningkatkan berat badan.

3. Cara menyeduh teh hijau untuk diet

Penyajian teh hijau yang disarankan yaitu memakai air panas dengan suhu di bawah 100 derajat Celcius dan menyeduhnya tidak terlalu lama. Seduh sekitar 2-3 menit per sajian.

Itulah jenis teh hijau untuk diet yang bagus dikonsumsi setiap hari. Teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Konsumsi teh hijau diikuti dengan pola makan yang tepat dan berolahraga teratur agar diet sehat dapat tercapai. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT