Pilihan Warna Kuning untuk Ruangan di Rumah 

Selasa, 27 April 2021 - 23:21:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Warna cat menjadi elemen penting dalam dekorasi ruangan. Warna cat mampu mengubah desain dan dekorasi ruangan secara keselurahan serta menciptakan kesan lebih menarik dan hidup dalam sebuah ruangan. Bahkan, selain berpengaruh pada ruangan, warna cat juga berdampak pada kondisi psikologi penghuni rumah.

Warna cat yang dipilih dapat mempengaruhi suasana hati sekaligus menciptakan suasana tenang, yang pada akhirnya berdampak positif bagi psikologis.  

Warna-warna terang dan cerah, seperti putih, krem, biru, pink, dan hijau, umumnya dipilih orang sebagai warna cat ruangan. Rupanya, selain warna cerah tersebut, kuning juga menjadi warna cat rumah yang cukup banyak diminati.

Warna kuning yang lembut mampu menciptakan suasana tenang, kesan muda dan ceria, juga meningkatkan konsentrasi dalam ruangan. Warna kuning sendiri memiliki banyak varian.

Nah, bagi kamu yang ingin mengaplikasikan cat kuning di dinding rumah, berikut ini pilihan warna kuning yang cocok untuk ruangan berdasarkan rekomendasi para ahli desain interior dikutip dari laman Real Simple, Selasa (27/4/21).  

Patrick O'Donnell, duta merek internasional untuk Farrow & Ball, mengatakan kuning kembali muncul sebagai warna ruangan di rumah dalam 20 tahun terakhir. Warna ini umumnya dapat menciptakan perasaan tenang dan damai dengan menggunakan warna kuning yang lebih kaya. O’Donnell merekomendasikan memakai warna India yellow atau kuning India.

“Warna ini cemerlang dalam menciptakan suasana yang hangat serta cocok diaplikasikan di lorong, ruang tamu, atau dapur.” 

Menurut Psikolog Marblehead Gold Marblehead gold merupakan perpaduan antara warna kuning dan cokelat yang lembut. Menurut Xaykao, spesialis warna untuk Benjamin Moore, marblehead gold HC-11 memiliki cukup unsur pop untuk memberi getaran kuning yang “bahagia”, tetapi warna coklat yang halus memberikan kesan lembut dan bersahaja yang sedikit lebih nyaman di mata.

“Warnanya dapat disesuaikan dengan gaya yang berbeda, dari tradisional sampai modern, serta berbagai ruangan di rumah, dari dinding dapur hingga pintu depan,” jelas Xaykao.  

Nicole Gibbons, desainer dan pendiri Clare, menyarakan warna golden hour bagi mereka yang mencari dorongan untuk hormon serotonin yang lebih besar. Kamu bisa mengaplikasikan warna ini pada dinding dengan aksen kecil.

"Warna kuning tua sedikit lebih jenuh daripada golden hour dan akan membasahi ruangan Anda dengan warna keemasan yang indah dan cerah." 

Jika mencari cat kuning yang mendekati Illuminating, Pantone's Color of the Year 2021, radiant sun adalah pilihan tepat. Menerapkan radiant sun di dinding mungkin bisa membantu memulihkan optimisme.

"Warna dan cara kita mendesain ruang dapat sangat mempengaruhi suasana hati, produktivitas, dan pandangan kita," kata Erika Woelfel, pakar warna Behr.  

Gibbons menjelaskan, good as gold merupakan jenis warna mustard yang sedikit cerah, tapi tidak mencolok dan sangat lembut. Ia merekomendasikan mengaplikasikan warna ini di ruang makan atau ruang berjemur yang hangat. "Kuning adalah salah satu warna favorit saya. Hangat dan cerah dan langsung mengangkat mood saya.” 

Menurut Ahli Disco Nap Natalie Ebel, salah satu pendiri Backdrop, mengatakan warna disco nap memiliki kesan retro, cerah, juga menginspirasi. Disco nap jadi pilihan warna kuning yang tepat untuk rona gembira di dalam rumah.

"Kecerahannya sempurna untuk orang yang ingin meningkatkan suasana ruangan mereka (dari kamar mandi, dapur, ruang kerja di rumah, dan kamar tidur). Sesuatu yang prioritas bagi banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam." [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT