Manfaat Air Kelapa Bikin Rambut Sehat dan Subur

Jumat, 23 April 2021 - 22:24:46 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tak hanya minyak kelapa, air kelapa juga memiliki manfaat untuk rambut. Air kelapa kaya akan nutrisi yang juga menawarkan kelembapan ekstra. Secara umum, siapa saja bisa menggunakan air kelapa untuk perawatan rambut. Namun, jika khawatir akan alergi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Setelah dipastikan aman, kamu bisa menggunakan air kelapa untuk keramas setiap dua kali seminggu. Agar lebih maksimal, gunakan juga minyak kelapa untuk mengunci kelembapan.

Jika sudah berpengalaman menggunakan minyak kelapa untuk rambut dan ingin bahan alami yang lebih ringan, cobalah menggunakan air kelapa yang tidak terlalu padat. Dilansir dari Byrdie, berikut adalah 5 manfaat air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

Menghidrasi rambut
Air kelapa berfungsi untuk melembapkan rambut dengan menembus jauh ke dalam batang rambut sehingga menjadi sumber hidrasi yang sangat baik. Selain itu, air kelapa bersifat ringan sehingga memungkinkan rambut lebih bervolume jika rutin menggunakannya.

Menutrisi kulit kepala
Air kelapa kaya akan vitamin dan mineral tertentu dan merupakan agen antiinflamasi alami yang baik untuk merawat kulit kepala. Banyak yang menggunakan air kelapa untuk menenangkan kulit kepala yang gatal. Meski belum terbukti, vitamin dan mineral dalam air kelapa dapat dimanfaatkan untuk rambut dan kulit kepala.

Mencegah ketombe
Air kelapa berfungsi memberikan kelembapan pada kulit kepala yang mengelupas akibat kekeringan.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki air kelapa dipercaya mampu memberikan manfaat untuk kulit kepala yang mengelupas sekaligus mencegah ketombe akibat peradangan atau bakteri.

Membuat rambut lebih halus
Salah satu faktor utama yang membuat rambut tampak kusut dan kusam adalah kekeringan. Air kelapa bermanfaat untuk memberikan kelembapan ekstra pada rambut sehingga membuatnya lebih halus dan lebih mudah diatur. Selain itu, rambut yang terhidrasi juga tampak lebih sehat dan berkilau.

Menumbuhkan rambut
Sifat menghidrasi bersama vitamin dan sitokinin mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kelembapan rambut serta kulit kepala. Meski demikian, belum ada cukup bukti yang mendukung klaim bahwa menggunakan air kelapa dapat menyuburkan rambut. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT