Kulit Pisang untuk Perawatan Kulit dan Rambut?

Rabu, 10 Maret 2021 - 23:16:54 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Perawatan rambut dan kulit menjadi semakin penting, di tengah aktivitas luar ruangan yang kembali normal.

Selain masker, krim, dan produk perawatan kecantikan lainnya, ada loh cara-cara merawat kulit dan wajah secara alami. Salah satunya adalah kulit pisang.

Melansir dari Healthshots, menurut dokter kulit Nivedita Dadu, kulit pisang memberi manfaat untuk membersihkan kulit mati.

Pisang berfungsi sebagai exfoliator yang membantu mengelupas sebum yang berlebih di permukaan kulit.

Tak hanya itu, pisang juga berfungsi sebagai exfoliator yang membantu mengelupas sebum yang berlebih di permukaan kulit.

Pisang juga kaya akan kalium yang dapat melembabkan kulit kering dan membuat kulit lembut dan kenyal.

dr Dadu mengatakan pisang juga mengandung antioksidan dan mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, seng, dan mangan yang bersifat anti-inflamasi.

"Mengoleskan kulit pisang di wajah dapat membantu mengobati jerawat secara alami," tuturnya.

Tidak hanya untuk wajah saja, dr Dadu mengatakan manfaat kulit pisang juga baik digunakan untuk perawatan rambut alami.

Kulit pisang juga dapat menambah kelembapan pada kulit kepala, juga mengurangi kekeringan dan membantu kulit kepala dari mikroskopis yang menyebabkan ketombe.

1. Meluruskan rambut

Dapat membantu menghaluskan rambut yang keriting karena kandungan silika yang tinggi. Kandungan silika diserap oleh tubuh yang menghasilkan kolagen dan protein, yang merupakan bahan untuk menyusun rambut yang indah.

2. Antioksidan

Kaya akan antioksidan yang dapat memberi kulit kepala untuk pertahanan rambut yang sehat.

Hal ini juga mengurangi stres oksidatif, yang menjadi penyebab utama dari rambut rapuh dan menua.

3. Memperkuat folikel

Menggunakan kulit pisang secara teratur dapat membantu memperkuat folikel rambut, yang memberi rambut lebih panjang.

Apalagi, pisang memberi nutrisi pada rambut yang dapat membuatnya halus dan berkilau.

Cara menggunakan kulit pisang untuk perawatan

Cara untuk menggunakan kulit pisang untuk mengatasi jerawat, haluskan kulit pisang yang sudah matang dengan mencampur madu dan lemon. Lalu oleskan selama 15 menit.

Jika untuk perawatan rambut, bisa dicampur dengan santan, lalu tambahkan satu sendok minyak kelapa dan air mawar ke dalam santan. Dan oleskan secara menyeluruh dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Selain itu, pijat dengan kulit pisang pada wajah selama 5 menit setiap hari. Jika kurang, bisa dicampur dengan kuning atelur, yang memberi manfaat untuk kerutan di wajah dan garis-garis halus. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT