Jangan Sembarangan Gosok Bokong, Ini Tips Merawatnya

Jangan Sembarangan Gosok Bokong, Ini Tips Merawatnya

Metroterkini.com - Tak boleh disepelekan, membersihkan bokong pun harus menggunakan cara yang benar. Jika tidak, ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Kesalahan menyeka bokong setelah buang air kecil atau besar berisiko membuat Anda rentan terhadap infeksi saluran kemih. Selain, hal itu bisa memperburuk masalah rektal yang sudah ada, seperti wasir atau fisura ani (luka atau robekan di anus).

Dilansir Health, seperti ini cara membersihkan bokong yang aman dan benar:

Pilih tisu yang tepat

Jenis tisu toilet terbaik memiliki tekstur halus dan tidak diberi pewangi maupun pewarna berwarna. Penggunaan tisu toilet yang tipis, beraroma, dan hasil daur ulang, bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Usap dari depan ke belakang

Ginekolog di Westchester County, New York, Alyssa Dweck, MD, mengatakan cara membersihkan bokong yang benar adalah dari uretra ke anus.

"Ada jauh lebih banyak bakteri di area rektal (anus). Jadi, misal bakterinya masuk ke uretra, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih," ungkapnya.

Mengusap anal secara lembut

Hal ini sangat dianjurkan, terutama bagi Anda yang menderita fisura ani. Langkah ini juga sangat penting bagi Anda yang menderita wasir.

Berdasarkan Johns Hopkins Medicine, fisura ani sendiri merupakan robekan kecil di lapisan anus, biasanya disebabkan oleh kotoran keras ketika sembelit.

Berdiri atau duduk?

Lebih baik membersihkan bokong sambil berdiri atau duduk? Ahli gastroenterologi di NorthShore University HealthSystem di Glenview, Illinois, Monica S. Borkar, MD, menyebutkan, pada dasarnya posisi apa pun aman dilakukan.

Dia mengatakan, "Posisi apa pun yang paling nyaman dan memberi Anda akses adalah yang tepat."
 

Berita Lainnya

Index